Salin Artikel

Gunung Ile Lewotolok Meletus 6 Kali, Tinggi Kolom Abu Capai 400 Meter

Kepala Pos PGA Ile Lewotolok Stanislaus Arakian melaporkan, sejak pukul 00.00-24.00 Wita, terjadi enam kali letusan dengan tinggi kolom abu mencapai 300 hingga 400 meter.

Letusan ini, kata Stanislaus, disertai gemuruh dan dentuman lemah hingga sedang.

"Saat erupsi berlangsung teramati pula lava pijar di area puncak dengan ketinggian mencapai 350 meter dari puncak," ujar Stanislaus dalam keterangannya, Rabu (15/3/2023).

Stanislaus menerangkan, selain gempa letusan, gempa embusan juga terjadi sebanyak 33 kali, delapan kali tremor gempa non-harmonik, gempa tremor harmonik 11 kali, vulkanik satu kali, dan satu kali gempa tektonik jauh.

Ia meminta agar semua pihak menjaga kondusivitas, tidak menyebarkan narasi bohong, dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

"Pemerintah Kabupaten Lembata juga agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung," katanya.

Stanislaus menambahkan, tingkat aktivitas gunung api masih berada pada level II waspada. 

Meski begitu, warga sekitar diimbau tidak memasuki dan melakukan aktivitas dalam radius dua kilometer dari pusat aktivitas gunung Ile Lewotolok.

Masyarakat Desa Lamawolo, Lamatokan, dan Jontona, diminta mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran atau longsoran lava dan awan panas dari bagian timur puncak.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/15/121015078/gunung-ile-lewotolok-meletus-6-kali-tinggi-kolom-abu-capai-400-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke