Salin Artikel

Seorang Mahasiswa di Buton Curi Puluhan Sapi, Uangnya untuk Biaya Kuliah dan Foya-foya

Pelaku ML nekat mencuri sapi untuk membayar kebutuhan biaya kuliah dan juga berfoya-foya.

“Motif pelaku untuk pertama mengakui untuk kepentingan dan kebutuhan biaya kuliah mengingat yang bersangkutan sudah masuk tingkat akhir, tapi setelah kita mendalami karena banyaknya TKP, motif tambahannya itu untuk foya-foya saja,” kata Kasat Reskrim Polres Buton, Iptu Busrol Kamal, Selasa (14/3/2023). 

Busrol menjelaskan, penangkapan pelaku ML bermula dari banyak laporan yang masuk di Mapolres Buton terkait pencurian sapi milik warga. 

Dia mengatakan ada 9 hingga 13 laporan warga yang mengaku kehilangan sapi. Sapi yang dicuri mulai dari sapi lokal hingga sapi limousine dengan harga yang mencapai jutaan rupiah.

Opsnal Polres Buton kemudian melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Setelah dilakukan pengembangan, polisi menangkap ML yang merupakan warga Kecamatan Pasarwajo. 

“Modus operandi yang dilakukan, si pelaku melihat situasi dan kondisi aman, sapi itu diambil, setelah diambil pelaku kontak pembeli yang berada di luar kota bahwa dia telah memiliki sapi,” ujar Busrol. 

“Yang kami amankan adalah hasil penjualan barang bukti berupa uang sekitar Rp 2 juta lebih,” ucap Busrol. 

Busrol menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman keterlibatan orang lain dalam aksi pencurian sapi tersebut. 

Pelaku ML kini diamankan di ruang tahanan Mapolres Buton. Ia diancam pasal 363 ayat 1 ke 1 junto 101 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/14/120648678/seorang-mahasiswa-di-buton-curi-puluhan-sapi-uangnya-untuk-biaya-kuliah-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke