Salin Artikel

Jadi Penumpang, Wabup Yahukimo Ceritakan Kepanikan Saat Trigana Air Ditembaki KKB

Saat itu pesawat jenis Boeing 737-500 itu membawa total 53 penumpang dan kru, terbang dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Beruntung aksi penembakan tersebut tidak mengenai pesawat sehingga proses pendaratan bisa dilakukan dengan baik.

Saat kejadian, Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram merupakan salah satu penumpang yang berada di dalam pesawat. Ia mengaku sempat mendengar suara tembakan dari dalam pesawat.

"Suara tembakannya terdengar, tapi syukur tidak kena pesawat," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (13/3/2023).

Penumpang Ketakutan

Menurut dia, para penumpang yang ada di pesawat tersebut sempat panik karena khawatir aksi penembakan masih terjadi ketika mereka turun.

Namun saat pintu pesawat dibuka, aparat keamanan sudah bersiaga di sekitar areal parkir pesawat dan melakukan pengamanan.

"Pas turun aparat sudah banyak dan kami diminta untuk cepat masuk ke dalam ruang tertutup. Saya langsung dibawa ke kediaman (wakil bupati)," kata Esau.

Aksi yang dilakukan KKB ternyata belum berhenti karena saat pesawat yang sama hendak terbang kembali ke Jayapura, penembakan kembali terjadi.

Akibatnya, satu butir peluru mengenai bagian bawah pesawat dan membuat sebuah lubang kecil.

Namun, kerusakan itu tidak menganggu penerbangan hingga pesawat berhasil mendarat di Bandara Sentani.

"Syukur pesawat bisa mendarat sampai di Sentani," kata Esau.

Trigana dan Wings Air Hentikan Penerbangan

Akibat kejadian tersebut, manajemen Trigana Air dan Wings Air membuat keputusan untuk menghentikan sementara rute penerbangan ke Dekai.

Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram pun bisa memaklumi kebijakan tersebut, namun ia mengkhawatirkan hal itu akan mempengaruhi perekonomian Yahukimo.

Arus keluar masuk barang di Yahukimo masih sangat bergantung pada kargo pesawat udara. Sementara Trigana Air yang menggunakan Boeing dan Wings Air dengan ATR, adalah dua maskapai yang pesawatnya memiliki daya angkut kargo cukup besar.

"Ini pasti berpengaruh ke ekonomi karena arus barang jadi terhambat, sekarang hanya ada pesawat perintis yang masih operasional ke Dekai," kata Esau.

Karenanya Esau berharap Trigana dan Wings Air dapat segera membuka kembali layanan penerbangan ke Dekai.

Untuk sementara, ia pun menginginkan aparat keamanan bisa bertindak cepat untuk mengembalikan situasi keamanan di Dekai.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Faizal Ramadhani menyatakan, penambahan personel Ops Damai Cartenz-2023 ia telah mengirim Satgas Penegakan Hukum (Gakum) ke Dekai.

Tim tersebut nantinya akan membantu penyidikan dan pengejaran terhadap pelaku penembakan pesawat Trigana air yang diduga pelakunya adalah kelompok KKB wilayah Yahukimo.

"Kami telah mengirimkan personel Ops Damai Cartenz, satgas penegakan hukum (Gakum) yang sebelumnya berada di Wamena, digeser ke Kabupaten Yahukimo," kata Faizal tanpa menyebut berapa jumlah pasti personel yang dikirimkan.

Sementara kabid Humas Polda Papua Kombes Ignasius Benny Ady Prabowo menyampaikan, saat ini tim gabungan telah meningkatkan pengamanan di kawasan Bandara Nop Goliat.

Pengamanan yang dilaksanakan dilakukan secara terbuka dan tertutup yang meliputi area penumpang, parkiran pesawat, area kargo hingga diluar area pendaratan dan lepas landas di seberang sungai Brasa.

“Tentunya pengamanan yang kami lakukan ini melibatkan Personil Polres Yahukimo, Tim Lidik Satgas Damai Cartenz serta Personil TNI Kodim 1715 Yahukimo dan rencananya akan ditambah oleh 2 SST Brimob yang akan diterbangkan menuju Yahukimo untuk mengantisipasi serangan KKB terhadap pesawat yang akan beraktifitas nantinya,” terang Benny.

Situasi keamanan di Yahukimo terganggu sejak 1 Maret 2023. Saat itu Pratu LW gugur, Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf J.V. Tethool dan dua anggotanya mengalami luka tembak.

Kemudian aksi penembakan kembali terjadi pada Rabu (8/3/2023). Dalam peristiwa tersebut, EP (18) dan VS (24) tewas akibat luka tembak.

Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri menduga pelaku penembakan adalah Yotam Bugiangge yang merupakan pecatan anggota TNI dan telah bergabung dengan Egianus Kogoya.

"Pelakunya adalah Yotam Bugiangge atas perintah Egianus," ujar Fakhiri di Jayapura, Kamis (9/3/2023).

Kemudian pada Sabtu (11/3/2023), KKB melakukan aksi penembakan terhadap pesawat Trigana Air yang hendak mendarat di Bandar Udara Nop Goliath. Saat itu tidak ada satu pun peluru yang mengenai badan pesawat.

Namun ketika pesawat  yang sama lepas landas untuk terbang ke Jayapura, aksi penembakan kembali terjadi. Hasilnya satu butir peluru mengenai badan bagian bawah pesawat berlubang. Beruntung pesawat tersebut masih tetap bisa melanjutkan penerbangan dan berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Sentani.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/13/211024578/jadi-penumpang-wabup-yahukimo-ceritakan-kepanikan-saat-trigana-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke