Salin Artikel

3 Mahasiswa di Palembang Jadi Komplotan Begal, Bermodus Tawuran

Ketiga tersangka yang ditangkap itu adalah Didi Noval (29), Putra Alpinde (26) dan Ardi Gustiono (25).

Mereka diketahui telah merampas motor milik korban M Roni Pratama (26) pada Jumat (10/3/2023) di Jalan Soekarno-Hatta, Palembang.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Agus Prihadinika mengatakan, kejadian itu terungkap saat salah seorang tersangka hendak menjual motor jenis Honda Sonic milik korban melalui marketplace di akun Facebook.

Polisi yang mengetahui motor itu adalah curian, kemudian menyamar sebagai pembeli dan menangkap tersangka bernama Didi.

“Dari tersangka ini kemudian dikembangkan lagi sehingga, dua tersangka lagi yakni Putra dan Ardi juga ditangkap,” kata Agus, Senin (13/3/2023).

Agus menjelaskan, modus yang digunakan tersangka saat itu adalah dengan berpura-pura mencari musuh untuk tawuran. Mereka berkeliling jalan sembari membawa senjata tajam.

Korban yang saat itu sedang berada di atas motor lalu berlari tunggang langgang meninggalkan kendaraannya karena ketika itu dikejar menggunakan senjata tajam.

“Pelaku ini menyeret celurit yang dibawanya ke aspal, sehingga keluar percikan api dan membuat korban ketakutan,” ujarnya.

Dari para tersangka, polisi menyita barang bukti berupa sepeda motor hasil rampasan serta beberapa senjata tajam yang digunakannya.

Saat ini, penyidik masih melakukan pengembagan atas dugaan tindak pidana lain yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dikenakan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan ancaman hukuman penjara selama lima tahun.

“Sekarang masih akan dikembangkan atas dugaan keterlibatan pelaku lain, termasuk komplotan para pelaku in,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/13/143250678/3-mahasiswa-di-palembang-jadi-komplotan-begal-bermodus-tawuran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke