Salin Artikel

Status Gunung Karangetang Masih Siaga, Kamis Malam Luncurkan Guguran Lava

MANADO, KOMPAS.com - Status aktivitas Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut) hingga saat ini Kamis (9/3/2023) malam masih level III atau siaga

Status siaga Karangetang terhitung sejak Rabu (8/2/2023) pukul 16.00 WIB. Malam ini, Gunung Karangetang meluncurkan guguran lava.

"Aktivitas malam ini tampak kamera CCTV di Bebali, monitor guguran lava ke arah Batuawang dan Kahetang," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Karangetang, Yudia Tatipang, lewat pesan singkat, Kamis malam.

Yudia menjelaskan, luncuran guguran lava ke arah Kali Batuawang dan Kahetang mencapai 700-2.000 meter.

"Guguran juga ke arah Kali Batang lebih kurang 1.800 meter, ke arah Kali Timbelang, Beha Barat lebih kurang 750-1.750 meter," jelasnya.

"Gunung Karangetang masih berada pada level III (siaga)," ujarnya.

Pantuan Kompas.com dari laporan PGA Karangetang, bahwa gunung yang berada pada ketinggian 1.784 meter di atas permukaan laut, itu sering meluncurkan guguran lava pascastatus dari level II waspada menjadi level III siaga.

Diketahui, Gunung Karangetang di merupakan gunung api paling aktif di Indonesia. Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM menyebut, Gunung Karangetang sering mengalami kejadian erupsi hampir setiap tahun.

"Gunung Api Karangetang merupakan gunung api paling aktif di Indonesia dengan seringnya mengalami kejadian erupsi hampir setiap tahun," kata Kepala Badan Geologi ESDM Muhammad Wafid dalam keterangan tertulis, Rabu (8/2/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/03/09/224931778/status-gunung-karangetang-masih-siaga-kamis-malam-luncurkan-guguran-lava

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke