Salin Artikel

Diguyur Hujan Deras, 4 Desa di Lampung Banjir, Ratusan KK Terdampak

LAMPUNG, KOMPAS.com - Hujan deras sejak Rabu (8/3/2023) malam, memicu banjir di dua kabupaten di Lampung. Akibatnya, ratusan KK terdampak banjir.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Basarnas Lampung dan Polda Lampung, setidaknya empat desa di Kabupaten Lampung Tengah dan Tulang Bawang diterjang banjir.

Kepala Basarnas Lampung Deden Ridwansyah mengatakan, di Lampung Tengah banjir melanda Kampung Terbanggi Ilir.

Kemudian di Kabupaten Tulang Bawang, banjir terjadi di Desa Kali Miring, Desa Tulung Bekai, dan Desa Portal Indolampung.

"Rata-rata ketinggian air banjir 80 hingga 100 centimeter," kata Deden saat dihubungi, Kamis (9/3/2023) malam.

Menurut Deden, pada banjir yang terjadi di Kampung Terbanggi Ilir, satu unit kendaraan sempat terhanyut lantaran derasnya arus banjir.

"Tim masih berada di lokasi untuk melakukan pencarian dan pertolongan, diduga ada dua orang di dalam kendaraan," kata Deden.

Sedangkan untuk tiga desa di Kabupaten Tulang Bawang, Deden mengatakan, Basarnas Lampung sudah mengerahkan personel untuk mengevakuasi ratusan warga yang terdampak banjir.

Dari catatan Basarnas Lampung, jumlah KK yang terdampak mencapai 24 KK atau 120 jiwa. Kemudian Desa Tulung Bekai (22 KK/85 jiwa), dan Desa Portal Indolampung (26 KK/108 jiwa).

Jalan lintas timur terputus

Sementara itu, Kapolres Tulang Bawang AKBP Jibrael Bata Awi mengatakan, akibat banjir itu jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera sempat terputus.

"Mulai dari Simpang Portal Indolampung hingga Kali Miring tergenang air dan tidak bisa dilalui kendaraan," kata Jibrael dihubungi terpisah.

Untuk mengatasi arus lalu lintas di jalan itu, kendaraan yang hendak menuju Bandar Lampung diarahkan masuk jalan tol via Gerbang Tol Menggala.

"Sedangkan kendaraan dari arah Bandar Lampung diarahkan masuk jalan tol lewat Gerbang Tol Gunung Batin," kata Jibrael.

Jibreal menambahkan, pihaknya juga menyiagakan personel Satlantas untuk memberikan informasi agar warga tidak melintasi jalan lintas timur yang tergenang banjir.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/09/204130878/diguyur-hujan-deras-4-desa-di-lampung-banjir-ratusan-kk-terdampak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke