Salin Artikel

Bandara Bilogai Sugapa Sempat Ditutup akibat Ulah KKB Tembaki Pesawat

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan aksi penembakan terhadap pesawat yang hendak mendarat di Bandara Bilogai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, pada Selasa (7/3/2023).

Akibatnya, Bandara Bilogai sempat ditutup selama satu hari dengan alasan keamanan.

Kepala Kepolisian Resor Intan Jaya AKBP Afrizal Asri mengungkapkan, posisi penembakan cukup jauh dari bandara sehingga aksi tersebut tidak sampai mengenai pesawat.

"Posisi penembakannya cukup jauh, makanya tidak kena," ujar Afrizal saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (8/3/2023).

Selain itu, aksi penembakan tersebut tidak sampai membuat situasi keamanan di Bilogai terganggu karena aparat keamanan dalam kondisi siaga.

Afrizal menyampaikan, penutupan bandara tidak berlangsung lama. Saat ini, aktivitas penerbangan sudah kembali beroperasi.

"Hari ini bandara sudah dibuka, sudah ada penerbangan yang masuk," kata dia.

Mengenai motif penembakan, Afrizal menyebut, KKB di Intan Jaya hanya ingin menunjukan eksistensinya saat kelompok lain di beberapa kabupaten juga melakukan aksi.

"Mereka hanya mau menunjukkan eksistensinya karena di Nduga, Yahukimo ada kejadian," kata Afrizal.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/08/200049978/bandara-bilogai-sugapa-sempat-ditutup-akibat-ulah-kkb-tembaki-pesawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke