Salin Artikel

Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Klaten Dipakai Balap Liar padahal Baru Selesai Dicor, 5 Motor Berknalpot Brong Diamankan

Padahal, jalan bebas hambatan tersebut baru saja selesai dicor guna persiapan dalam menyambut Lebaran 2023.

Kapolsubsektor Ngawen, Iptu Eko Pujianto mengatakan, pihaknya langsung membubarkan dan mengamankan lima kendaraan dalam aksi belap liar tersebut.

"Di samping dibubarkan, kita amankan lima sepeda motor karena memakai knalpot brong," kata Eko dihubungi Kompas.com via telepon, Rabu (8/3/2023).

Menurut Eko, aksi balap liar di jalan tol Solo-Yogyakarta terjadi di Desa Kahuman, Ngawen, Senin (6/3/2023) sore.

Bermula adanya laporan dari warga sekitar yang terganggu dengan aktivitas balap liar. Sebab, aksi balap liar ini dilakukan warga dari luar Kahuman.

"Mereka memanfaatkan kesempatan di saat para pekerja sudah pada pulang. Masyarakat sekitar terganggu kemudian malapor ke Polres," ungkap Eko.

Eko menyampaikan aksi balap liar di jalan tol di Desa Kahuman bukan kali pertama terjadi. Ketika masih kondisi tanah jalan tol itu sudah digunakan untuk aksi balap liar.

Warga yang merasa terganggu dengan aksi tersebut langsung menghubungi pihak kepolisian. Aksi balap liar pun dibubarkan.

Sudah lama tidak ada aksi balap liar, pada Senin sore kemarin jalan tol Desa Kahuman kembali digunakan untuk aksi balap liar.

"Dulu pernah ada aksi balap liar kita bubarkan. Ya juga informasi dari warga langsung telepon ke saya. Habis itu terus tidak lagi. Terus ini baru saja kemarin itu kan baru dicor dasar masih licin itu bahaya sekali itu," terang Eko.

Lebih jauh Eko menyampaikan pihaknya sudah membuat rambu-rambu terkait larangan masuk yang dipasang di kawasan tersebut karena berbahaya.

Tetapi karena kawasan itu sebagai areal keluar masuk kendaraan material dan alat berat untuk pembangunan jalan tol sehingga dimanfaatkan warga tak bertanggung jawab untuk aksi balap liar.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/08/181633678/jalan-tol-solo-yogyakarta-di-klaten-dipakai-balap-liar-padahal-baru-selesai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke