Salin Artikel

Gagal "Ngegame" dengan Laptop Kreditan, Abdullah Mudzakir Malah Temukan Bug di Google

UNGARAN, KOMPAS.com - Siapa sangka, keberhasilan Abdullah Mudzakir menemukan bug atau celah rentan dalam sistem Google berawal dari laptop kreditan.

Ditemui di rumahnya, di Dusun Karangbolo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, pada Rabu (8/3/2023), Dzakir, panggilan akrabnya menceritakan awal mula 'perkenalannya' dengan dunia hacking.

Sejak bersekolah di MTS NU, Dzakir senang pergi ke warnet.

Kemudian, saat kakaknya sedang mengerjakan tugas akhir kuliah, orangtuanya membeli laptop secara kredit pada 2018.

"Itu bapak kredit laptop agar kakak lancar menyelesaikan tugas akhir," ujar Dzakir, Rabu.

Setelah tugas akhir kakaknya selesai, laptop itu tak lagi digunakan.

"Lalu laptop itu saya pakai, harapannya ya bisa buat main game. Ternyata, spek laptop tidak mendukung untuk main game," kata Dzakir.

Karena tak bisa untuk main game, Dzakir yang sudah terlanjur senang dengan perangkat tersebut, mulai mengoprek dan belajar programming.

"Namun saya merasa tidak cocok dan move ke jaringan. Namun, tetap kurang cocok, akhirnya main cyber security," ungkap dia.

"Karena sudah pernah mencoba programming dan jaringan, belajar cyber security juga lebih mudah. Saya juga kursus hacking internasional, lama kursus tergantung materi mulai dari tiga bulan, lalu ujian. Kalau lulus lanjut materi selanjutnya," kata Dzakir.

Selain itu, lanjut Dzakir, dia juga ikut komunitas Arisan Security Salatiga sejak 2019.

"Di komunitas ini ada teman yang bernama Danil Christianto, dia menjadi mentor dan motivator saya. Termasuk saat menemukan bug di Google, dia yang membantu membuat laporan dalam Bahasa Inggris," ungkap siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN 8 Kota Semarang tersebut.


Dzakir mengaku senang karena kemampuannya tersebut, dia saat ini sudah bekerja di PT Juke Solusi Teknologi.

"Harapannya ya kemampuan semakin bertambah, bisa nabung buat kuliah. Harapannya diterima di jurusan IT Universitas Diponegoro dan selanjutnya punya perusahaan sendiri," papar dia.

Sebelumnya, Abdullah Mudzakir, berhasil menemukan bug atau celah rentan dalam sistem Google.

Berkat penemuannya itu, dia mendapat penghargaan sebesar 5.000 dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 76 juta dari perusahaan teknologi terkemuka dunia itu.

Mudzakir juga mendapat kartu Google Bug Hunters. Kartu tersebut diberian bagi seseorang yang memiliki kemampuan hacking atau meretas dan menemukan kerentanan pada sebuah sistem.

Lantas, melapor ke perusahaan terkait.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/08/133042678/gagal-ngegame-dengan-laptop-kreditan-abdullah-mudzakir-malah-temukan-bug-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke