Salin Artikel

PUPR Bakal Lakukan Normalisasi Sungai Wulan untuk Atasi Akar Permasalahan Banjir di Kudus dan Pati

Untuk menangani bencana berkepanjangan itu, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera melakukan normalisasi terhadap Sungai Wulan, Kudus.

“Sungai Wulannya sudah penuh sedimentasi, kita lakukan penggalian (normalisasi), kita kembalikan lagi desain semula, supaya kalau Sungai Wulan bisa menampung air lebih banyak, yang ke Juwana bisa kita kurangi,” kata Staf Khusus Menteri PUPR Bidang Sumber Daya Air, Arie Setiadi Moerwanto.

Hal itu Arie sampaikan di sela rapat koordinasi perencanaan penanggulangan banjir yang digelar Kementrian PUPR di Hotel Gumaya, Selasa (7/3/2023).

“Selain normalisasi di Sungai Wulan, kita juga akan mengupgrade bendung gerak Wilalung untuk memperbaiki operasi pemeliharaannya,” lanjutnya.

Kemudian di Sungai Juwana yang muaranya dipenuhi kapal nelayan, rencananya akan ditata dan ditertibkan.

“Nah kita akan pelajari lagi dampak pasang surutnya sampai dimana. Kita ada bendungan-bendungan tua juga, akan kita upgrade supaya bisa meredam puncak banjir dan waktu konsentrasinya gak bersamaaan,” ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya mendesain ulang pompa di Kali Kencing Kota Demak.

“Pompanya sedang kita redesign, dengan sistem polder jadi ada kolam retensinya, ada pompanya, supaya misalnya terjadi banjir enggak terlalu lama,” katanya.

Sementara itu, dalam eksempatan yang sama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng Bergas Catursasi menyampaikan banjir di Kudus meluas di Karangrowo, Payaman, kemudian Jatiwetan.

“Karena kemarin malem masih terjadi hujan di daerah Muria, jadi justru menambah banjir di sana. Sedangkan kondisi Sungai Wulan tinggi, jadi air hujan tidak bisa dibuang ke Sungai Wulan,” jelasnya.

“Akhirnya alirannya berhenti di Juwana. Juwana pun harus antri untuk keluar sampai di hilir. Ya kondisinya seperti itu memang,” ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan, banjir di kedua kota itu masih dalam satu aliran sungai utama, yakni aliran di Sungai Juwana yang berkaitan dengan Sungai Wulan.

“Jadi penanganan saat ini dengan mengadakan titik-titik pengungsian yang disiapkan kabupaten pati maupun kudus melalui BPBD-nya, jadi sudah ada,” tandansya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/07/215116078/pupr-bakal-lakukan-normalisasi-sungai-wulan-untuk-atasi-akar-permasalahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke