Salin Artikel

Sandal Keramik Ditemukan di Galian Tanah Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta

Humas Komunitas Pemerhati Cagar Budaya (KPCB) Klaten Hari Wahyudi membenarkan adanya temuan sandal keramik di galian tanah pembangunan jalan tol.

Sandal keramik tersebut, ungkap Hari, ditemukan oleh warga setempat setelah hujan reda pada Sabtu (4/3/2023).

"Informasinya yang menemukan Sabtu. Terus dilaporkan baru Senin kemarin. Sandal ditemukan di galian jalan tol oleh warga setempat setelah hujan. Kan biasanya tanah itu tergerus," jelas Hari dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (7/3/2023).

Dia mengatakan sandal itu telah diserahkan ke Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng-DIY).

Dia menduga sandal keramik itu merupakan barang buatan zaman sekarang. Pasalnya, sandal keramik itu memiliki ukuran 20 sentimeter dan warnanya seperti buatan baru.

Hari memperkirakan bahwa sandal keramik yang ditemukan di galian pembangunan jalan tol tersebut bukan objek diduga cagar budaya (ODCB).

"Dari motifnya juga warna grosirannya itu diperkirakan benda baru buatan baru jadi bukan termasuk ODCB meskipun ditemukan di area jalan tol," kata Hari.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/07/131906878/sandal-keramik-ditemukan-di-galian-tanah-pembangunan-jalan-tol-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke