Salin Artikel

Update Longsor di Natuna, 18 Korban Ditemukan, 47 Hilang, 1.216 Mengungsi

NATUNA, KOMPAS.com - Pada hari kedua pencarian korban longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), tim relawan berhasil mengevakuasi 18 korban.

Dari jumlah itu, 10 orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, 4 kritis, 1 orang luka berat, dan 3 orang rawat jalan.

Juru Bicara Tim SAR Gabungan Penanggulangan Bencana Pulau Serasan Natuna, Patli Muhamad mengatakan, dari 10 jenazah yang ditemukan, 6 jenazah berhasil diidentifikasi dan 4 lainnya masih di-cross check data.

"Satu orang yang luka berat masih dalam penangan tim medis di pengungsian, sedangkan tiga orang rawat jalan sudah gabung dipengungsian," kata Patli kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Selasa (7/3/2023).

Patli menambahkan, untuk 4 orang yang kritis, 3 di antaranya dilarikan ke rumah sakit yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), menggunakan KM Bukit Raya. Satu orang lainnya dikirim ke Ranai menggunakan MV Indra Perkasa.

"Korban yang dinyatakan hilang saat ini dipastikan berjumlah 47 orang," ucap Patli.

Saat ini kondisi Pulau Serasan masih berlangsung hujan dengan intensitas sedang. Namun tim relawan tetap berjibaku melakukan pencarian 47 korban yang dinyatakan hilang atau diduga tertimbun reruntuhan longsor.

Untuk warga yang terdampak, telah dievakuasi di pengungsian gedung PLBN Serasan sebanyak 219 orang, Puskesmas Serasan 215 orang, Pelimpak dan Masjid Alfurqon 500 orang, dan MAN 1 Serasan 282 orang.

"Jadi total warga terdampak yang selamat dan sudah berada di lokasi pengungsian sebanyak 1.216 orang," papar Patli.

Jumlah rumah yang tertimbun sebanyak 27 Rumah

"Hingga saat ini tim masih melakukan pencarian dan tidak menutup kemungkinan jumlah korban akan terus bertambah," pungkas Patli.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/07/115958078/update-longsor-di-natuna-18-korban-ditemukan-47-hilang-1216-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke