Salin Artikel

Panen Raya 1 Juta Hektar Dimulai di Kebumen, Akan Dihadiri Presiden Jokowi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Panen raya program satu juta hektar akan dimulai di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pada Maret ini.

Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat mengecek kesiapan panen raya di Kebumen, Senin (6/3/2023).

"Panen raya satu juta hektar akan dimulai di Kebumen. Saya koordinasi dengan Bupati Kebumen, dan melihat memang yang siap untuk melakukan panen raya pada bulan Februari-Maret itu di Kebumen," kata Syharul kepada wartawan.

Syahrul menyampaikan, rencananya panen raya ini akan dihadiri Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) pada Kamis (9/3/2023).

"Saya kira tidak perlu ada yang dipersiapkan, karena saya lihat semua sawah di Kebumen sudah menguning, artinya sudah siap untuk panen raya," ujar Syahrul.

Dalam kesempatan ini, Syahrul meninjau lahan padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, kemudian berkunjung ke rice milling unit (RMU) Kutowinangun, dan berakhir di agri smart Pendopo Kabumian.

Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, siap menyambut panen raya yang bakal dihadiri Presiden.

"Alhamdulillah kami dalam posisi sangat siap untuk menyambut panen raya yang akan dihadiri Pak Presiden, ini merupakan suatu kehormatan bagi kami sebagai orang Kebumen," kata Arif.

Menurut Arif, Kebumen termasuk wilayah yang sangat kaya dengan hasil pertaniannya. Pasalnya, mayoritas warganya adalah petani.

"Kami surplus 125 ribu ton pada 2022. Cukup banyak. Tahun ini belum bisa dihitung, nanti setelah panen," ujar Arif.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/06/213925878/panen-raya-1-juta-hektar-dimulai-di-kebumen-akan-dihadiri-presiden-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke