Salin Artikel

Konser Deep Purple di Solo, Pengamanan Libatkan Tiga Polres dan 1.200 Personel Gabungan

Ribuan personel ini, berjumlah 1.200 personel gabungan dari unsur Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan sebagainya.

Direncanakan, konser itu bakal digelar di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), pada Jumat (10/3/2023) sekitar pukul 20.00 WIB.

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan personel gabungan juga akan melibatkan dua kepolisian resor (Polres), yakni Polres Karanganyar dan Polres Sukoharjo.

"Karena wilayahnya konser merupakan wilayah Kota Solo dan bersebelahan dengan jalan raya merupakan wilayah Karanganyar serta belakang UMS merupakan wilayah Sukoharjo. Kita sudah berkoordinasi dan sinergi melakukan pengaman," kata Iwan Saktiadi, Senin (6/3/2023).

Terkait mekanisme pengamanan diarea konser, Iwan mengatakan telah berkoordinasi dengan panitia penyelenggara, untuk pengabungan pola-pola pengaman.

"Kita berkoordinasi dengan pola-pola seperti yang sudah kita sampaikan dengan panitia dan panitia juga memaparkan ke kita mengenai jumlah (Penonton) artinya jumlah tiket penonton yang akan mereka siapkan untuk penonton hadir disana," jelasnya.

"Kemudian layout-nya segala kelengkapannya sudah bertemu dengan kami dan kami sudah memberikan saran masukan kepada panitia saat kami mengamankan konser dewa itu cukup bagus," lanjut Kapolresta.

Sebelumnya, Promotor Rajawali Indonesia menyatakan, tiket yang disediakan sebanyak 9.000 lembar. Untuk harga tiket, mulai dari Rp 750.000 hingga Rp 2.000.000.

Founder Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi mengatakan, Deep Purple dan God Bless akan tampil dalam durasi lebih dari satu jam.

"Kalau Deep Purple lebih dari 1 jam. Godbless juga lebih dari 1 jam. Kami mulai jam 20.00 WIB. Sepertinya ada kejutan, tapi namanya kejutan enggak akan kami kasih tahu," tutur Anas, Jumat (13/1/2023).

Konser ini merupakan rangkaian world tour Deep Purple dan satu-satunya yang di Asia Tenggara.

"Kita ingin mengulang sejarah. Takdir 2015 sudah oke, tapi tidak kejadian. Karena ada personel yang sakit. Tapi tiba-tiba 2022 mencoba lagi, dan 2023 mereka world tour dan bertepatan dengan 50 tahun God Bless. Konser ini, kado buat God Bless," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/06/133530878/konser-deep-purple-di-solo-pengamanan-libatkan-tiga-polres-dan-1200

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke