Salin Artikel

Kapten Philip Tak Terlihat bersama Egianus Kogoya Saat KKB Berulah di Lanny Jaya

Hingga kini keberadaan Kapten Philip belum diketahui.

Kapolres Lanny Jaya AKBP Umar Nasatekay menjelaskan, aparat keamanan yang sudah sempat masuk ke Kuyawage telah berhasil mengambil keterangan dari beberapa saksi mata.

Saksi mata, kata dia, mengaku melihat Egianus serta kelompoknya datang dan berulah di wilayah tersebut.

Namun para saksi mata tidak melihat keberadaan Kapten Philip yang secara fisik mudah dikenali karena menjadi satu-satunya warga asing di antara kelompok Egianus.

"Tidak ada, dari hasil keterangan saksi (Kapten Philip) tidak terlihat di situ," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (5/3/2023) malam.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani menjelaskan mengenai jejak Egianus Kogoya dan kelompoknya di Distrik Kuyawage.

Menurut dia, Egianus saat itu berada di Kampung Pimbinom dan melakukan aksi pembunuhan terhadap seorang anak kecil yang merupakan anak dari kepala kampung setempat.

"Ada saksi yang kita ambil keterangannya walaupun ada beberapa kendala yakni bahasa, kita coba jembatani bahwa yang melakukan kelompok Egianus Kogoya dan yang menembak adalah Egianus," kata Faizal.

Sebelumnya, Egianus Kogoya dan kelompoknya melakukan aksi pembakaran pesawat Susi Air di Lapangan Terbang Distrik Paro, Nduga, pada 7 Februari 2023.

Egianus kemudian juga menyandera pilot dari pesawat tersebut, yaitu Kapten Philip Mark Mertens (37) yang berkewarganegaraan Selandia Baru.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri sempat menyebut, Egianus Kogoya meminta tebusan berupa uang dan senjata api untuk membebaskan Kapten Philip.

Kemudian Egianus diketahui sempat berada di Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, pada akhir Februari 2023.

Di lokasi tersebut, ia diduga membunuh anak seorang anak kepala kampung yang masih berusia 6 hingga 8 tahun karena ayahnya tidak mau memberi bahan makanan yang diminta oleh Egianus.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/06/101414478/kapten-philip-tak-terlihat-bersama-egianus-kogoya-saat-kkb-berulah-di-lanny

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke