Salin Artikel

Masuk Sekolah Pukul 05.30, Siswa di Kupang Ini Masak Nasi sejak Malam: Supaya Jam 4 Subuh Bisa Sarapan dan Siap Berangkat

KOMPAS.com - Kebijakan siswa sekolah menengah atas di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), masuk sekolah pukul 05.30 Wita, membuat Marcelino harus menyiapkan sarapan pada malam hari sebelum dirinya tidur.

"Jam 10 malam saya sudah masak nasi, supaya pada jam 04.00 subuh saya bangun langsung makan dan siap ke sekolah," ujarnya, Kamis (2/3/2023).

Terkait kebijakan ini, Marcelino ingin agar jadwal masuk bisa kembali seperti semula supaya dirinya punya banyak waktu mempersiapkan diri ke sekolah.

Siswa lainnya, Philp Yoel Latuperisa mengatakan, meski jarak rumah dengan sekolahnya dekat, ia terpaksa berangkat tanpa sarapan. Pasalnya, dia terburu-buru supaya tidak terkena hujan dan terlambat masuk.

Pada hari pertama penerapan kebijakan itu, Rabu (1/3/2023), Yoel mengaku tidak masuk sekolah karena terlambat.

Senada dengan Marcelino, Yoel juga berharap agar Pemerintah Provinsi NTT bisa mengembalikan jadwal masuk sekolah seperti sebelumnya.

Dia menilai ada banyak kebijakan yang bisa diambil selain mengubah jadwal masuk sekolah.

"Menurutnya saya masih banyak hal lain yang diubah selain mengubah schedule, misalnya dengan mengganti sistem kurikulum yang dinilai tidak cocok di NTT" ucapnya.

Yoel juga menyarankan agar pemerintah membuat penelitian tentang kebutuhan dan keinginan siswa di NTT. Hal tersebut bisa dilakukan supaya sekolah bisa jadi tempat yang nyaman untuk belajar.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat tak menjawab gamblang saat ditanya soal dasar hukum yang dipakai dalam penerapan kebijakan jam masuk sekolah tersebut.

Hanya saja, Viktor menuturkan bahwa langkah ini diambil untuk membuat perubahan.

"Kita ingin membongkar mental blok yang selama ini kita buat. Karena selama ini kita tidak pernah berkembang," ungkapnya saat meninjau SMA Negeri 6 Kota Kupang, Jumat (3/3/2023).

Viktor menyampaikan, dirinya tidak ingin murid kelas XII yang menerapkan sekolah pagi, menganggur usai lulus. Oleh karena itu, anak-anak tersebut mulai dilatih dan diterapi dengan baik sejak sekarang.

"Tujuannya agar anak-anak ini bisa melanjutkan ke perguruan-perguruan tinggi terbaik di Indonesia maupun di luar negeri," tuturnya.

Mulanya, dalam kebijakan ini, masuk sekolah diberlakukan pukul 05.00, tetapi kemudian digeser menjadi 05.30 Wita.

Hingga kini, kebijakan ini diterapkan di dua sekolah, yakni SMA Negeri 6 Kota Kupang dan SMA Negeri 1 Kota Kupang.

SMA Negeri 6 Kota Kupang lebih dulu memberlakukannya pada 27 Februari 2023. Sedangkan, SMA Negeri 1 Kota Kupang menerapakan jam masuk sekolah pukul 05.30 Wita mulai 1 Maret 2023.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere | Editor: Krisiandi, Andi Hartik)

https://regional.kompas.com/read/2023/03/04/081500578/masuk-sekolah-pukul-05.30-siswa-di-kupang-ini-masak-nasi-sejak-malam-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke