Salin Artikel

Diduga Terjatuh dari Kapal, ABK KM Samudra Hilang di Perairan Patimban Subang

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril mengatakan, peristiwa itu bermula ketika KM Samudra Jaya 01 melego jangkar di sekitar Perairan Patimban karena kendala cuaca, Jumat (24/2/2023).

Setelah beberapa hari melego jangkar, Casnanim tak ditemukan di kapal. ABK itu terakhir terlihat pada Selasa (28/2/2023) pukul 01.00 WIB bersama ABK lainnya.

"Kru KM Samudra Jaya 01 sudah berusaha mencari korban ke berbagai tempat yang dimungkinkan adanya korban, namun korban tak kunjung ditemukan. Diduga korban terjatuh dari kapal," kata Jumaril saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/3/2023).

Kru kapal lalu menghubungi Ditpolairud Polda Jabar dan Kantor SAR Bandung untuk melakukan pencarian.

"Hingga kini korban masih belum diketemukan," kata Jumaril.

Setelah menerima laporan, Jumaril memerintahkan satu tim dari Pos SAR Cirebon untuk melakukan pencarian pada Jumat pukul 15.35 WIB. 

Sebelumnya, Kantor SAR Bandung telah berkoordinasi dengan Pos SAR Cirebon, Ditpolairud Polda Jabar, dan kru KM Samudra Jaya 01.

Tim yang dibagi menjadi dua melakukan pencarian di area yang telah disesuaikan. Mereka melakukan penyisiran menggunakan 1 unit LCR Basarnas dan SRU 2 melakukan penyisiran menggunakan LCR ERT.

Proses pencarian ini menggunakan alat yang digunakan antara lain 1 Unit Rescue Car Kompartemen, 1 Set Pal SAR Air, 1 Set Peralatan Alkom, 1 Set Peralatan Medis, 1 Unit Aquaeye, 1 Unit Under Water Search Device (UWSD) dan APD Personal.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/04/073320578/diduga-terjatuh-dari-kapal-abk-km-samudra-hilang-di-perairan-patimban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke