Salin Artikel

Sempat Putus Usai Diterjang Banjir, Jalan Penghubung 2 Kecamatan di Flores Timur Sudah Bisa Dilalui

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur Eduard. J. Fernandez mengatakan, BPBD dan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat telah memantau dan menurunkan alat untuk membersihkan material di ruas jalan tersebut.

"Proses pengerjaannya sejak kemarin kita lakukan, dan kondisi sekarang sudah bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat," ujar Fernandez saat dihubungi, Jumat (3/3/2023).

Fernandez mengatakan, penanganan yang dilakukan masih bersifat darurat, agar akses dua kecamatan, yakni Adonara Tengah dan Adonara Barat bisa terhubung kembali.

Pemerintah, tambahnya, akan memperhatikan ruas jalan tersebut sehingga mobilitas warga bisa berjalan lancar dan aman.

"Tentu kita koordinasi dengan PUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) terkait kondisi yang ada. Apakah nanti dibangun jembatan atau crossway. Tergantung keputusan di instansi teknis," katanya.

Sebelumnya, ruas jalan itu putus diterjang banjir bandang, Senin (27/2/2023) malam.

Warga yang hendak ke Larantuka terpaksa memilih jalur lain, melewati wilayah Adonara timur, tepatnya ibu kota Waiwerang atau lewat jalur Desa Baya dan Watobaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Flores Timur Yohanes Suban Tukan menjelaskan, pengerjaan ruas jalan tersebut masih dalam proses tender di bagian kelompok kerja (Pokja).

"Semoga proses cepat sehingga awal April nanti bisa mulai dikerjakan," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/03/145336978/sempat-putus-usai-diterjang-banjir-jalan-penghubung-2-kecamatan-di-flores

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke