Salin Artikel

Gibran Dapat Gelar Kanjeng Pangeran Haryo dari Mangkunegara X, Ini Alasan di Baliknya

KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar kebangsawanan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) dari Mangkunegara X.

Mangkunegara X memberikan gelar tersebut usai Tingalan Wiyosan Jumenengan Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunegara X atau peringatan naik takhtanya, yang digelar di Pendopo Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/3/2023).

Ketua I Jumenengan KPH Tjuk Susilo mengatakan, pemberian gelar dilakukan karena Gibran dinilai berkontribusi terhadap Pura Mangkunegaran, salah satunya lewat revitalisasi Taman Pracima Tuin.

"Tidak hanya itu (proses revitalisasi), tapi dalam banyak hal," ujarnya, Rabu, dikutip dari Tribun Solo.

Di samping itu, Gibran dengan Mangkunegara X dinilai punya hubungan baik dan saling bekerja sama.

"Banyak hal dibantu oleh Mas Gibran, demikian juga sebaliknya. Kedua belah pihak punya kerja sama bagus," ucapnya.

Sementara itu, dalam sabda dalem yang dibacakan saat upacara tersebut, Mangkunegara X berterima kasih kepada seluruh keluarga, kerabat, abdi dalem, pemerintah, jajaran kepolisian dan TNI, serta mitra-mitra Pura Mangkunegaran.

"Segala kelebihan dan kekurangan merupakan bagian dari roda kehidupan, bersama-sama kita menjaga kebudayaan sesuai dengan falsafah Tri Dharma Mangkunegara. Keberlanjutan adalah motivasi bagi kita semua untuk mengembangkan Praja Mangkunegara sebagai suatu induk kebudayaan yang terus berkembang dalam membentuk budaya bangsa, khususnya budaya Jawa," ungkapnya.

Usai mendapat gelar tersebut, Gibran berterima kasih kepada Mangkunegara X. Putra Presiden Joko Widodo ini juga mengaku akan mengabdi dan mengawal kebudayaan Pura Mangkunegaran.

"Matur nuwun (terima kasih), saya hanya mengikuti saja," tuturnya.

Sebelumnya, Gibran juga diberi gelar kebangsawanan oleh Keraton Kasunanan Solo, yakni Kanjeng Pangeran Widura Nagara.

Maka, Gibran mengaku siap diperintah oleh KGPAA Mangkunegara X dan Raja Keraton Solo Sri Susuhunan Pakubuwana XIII untuk mengembangkan, membangun, maupun merevitalisasi Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Solo.

"Iya-iya, tujuannya itu (pembangunan)," jelasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Solo, Fristin Intan Sulistyowati | Editor: Ardi Priyatno Utomo)

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Alasan Dibalik Pemberian Gelar KPH ke Gibran, Berkat Hubungan Kerja Sama dengan Mangkunagara X?

https://regional.kompas.com/read/2023/03/02/162000378/gibran-dapat-gelar-kanjeng-pangeran-haryo-dari-mangkunegara-x-ini-alasan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke