Salin Artikel

Kapolres Sebut Yahukimo Kondusif Usai Kontak Senjata TNI-KKB, Dandim Akan Dievakuasi ke RSPAD

Akibat kejadian tersebut, satu orang Prajurit TNI Pratu LW Gugur, kemudian Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf J.V. Tethool, Pratu NS dan Sertu RS mengalami luka tembak.

"Situasi terkini masih aman kondusif, kita imbangi giat patroli," ujar Arief saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (2/3/2023).

Menurut dia, kejadian penembakan yang terjadi di Km 4 Jalan Paradiso, Distrik Dekai, cukup jauh dari pusat perkotaan sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap aktifitas masyarakat.

Mengenai pelaku penembakan, Arief mengaku belum bisa menyebutkan pihak yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut, termasuk mengenai kronologis kejadian.

"Lokasi kejadian sekitar 5 kilometer dari kota, pelakunya kita belum tahu karena begitu mereka melakukan aksi, mereka lari ke hutan lagi. Kita masih lakukan maping pengejaran juga," kata dia.

"Kita belum berani menyimpulkan ini ambush (penyergapan) atau bagaimana, yang jelas pada saat dilaksanakan kegiatan tiba-tiba terjadi kontak tembak," sambungnya.

Mengenai penanganan terhadap Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf J.V. Tethool yang dikabarkan mengalami dua luka tembak, Arief memastikan yang bersangkutan akan segera dievakuasi ke Jakarta.

"Hari ini dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto," kata dia.

DIberitakan sebelumnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang tiga personel Kodim 1705/Yahukimo di Km 4 Jl. Paradiso Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Rabu (1/3/2023) sore.

Akibatnya satu prajurit TNI gugur dan dua lainnya mengalami luka tembak.

"Akibat penyerangan dan penembakan oleh KKB tersebut, mengakibatkan satu orang Prajurit Pratu LW Gugur, dua orang Prajurit Pratu NS dan Sertu RS mengalami luka tembak," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryawan, melalui keterangan tertulis, Rabu.

Menurut dia, kontak senjata sempat terjadi di sekitar lokasi kejadian.

"Sampai dengan pukul 16.20 WIT, gerombolan KKB masih melakukan penembakan sehingga terjadi kontak tembak," kata Herman.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/02/102843378/kapolres-sebut-yahukimo-kondusif-usai-kontak-senjata-tni-kkb-dandim-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke