Salin Artikel

Banjir Terjang Batam, Sejumlah Perumahan Tergenang hingga 1 Meter

Beberapa wilayah yang terdampak banjir seperti Jalan Tengku Sulung, sekitar Pasar Botania I, jalan menuju perumahan Kodim, dan perumahan Mutiara Biru, Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji.

Di Kelurahan Buliang, air setinggi sekitar satu meter menggenangani jalan utama masuk ke perumahan tersebut.

Hingga Rabu siang, banjir di jalan tersebut masih tinggi. Pembatas jembatan di lokasi belum terlihat karena tingginya air yang menggenangi jalan.

Sementara daerah yang terdampak longsor ada di Bukit Kemuning, Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk.

Rian (34), warga Perumahan Bukit Kemuning mengatakan, hujan lebat mengakibatkan longsor yang menutup sebagian akses jalan.

”Semalam saya pulang kerja pukul 22.00, kondisi jalan di Bukit Kemuning setengahnya sudah tertutup material longsor. Terjadi beberapa kecelakaan akibat pengendara sepeda motor tidak melihat lumpur telah menutupi jalan,” kata Rian, dikutip dari Kompas.id.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kepri Muhammad Hasbi mengatakan, hujan lebat terjadi hampir di seluruh wilayah Kepri yang terdiri dari tujuh kabupaten/kota.

Untuk saat ini, banjir dan longsor baru dilaporkan terjadi di Batam.

Hasbi memastikan tidak ada korban jiwa akibat banjir dan longsor di Batam. Namun, dia tidak memiliki data mengenai jumlah warga yang terdampak akibat bencana tersebut.

”Batam tidak memiliki BPBD sehingga kami kerepotan untuk berkoordinasi. Sebenarnya, urgensi untuk membentuk BPBD itu sudah kami imbau sejak tahun lalu,” ujarnya.

Hasbi mengimbau seluruh warga Kepri agar waspada terhadap bencana hidrometeorologi karena hujan lebat diprediksi akan turun hingga satu minggu ke depan.

Dia juga mengimbau nelayan dan pengguna transportasi laut, khususnya di Anambas dan Natuna, agar mewaspadai gelombang tinggi.

Artikel ini telah tayang di TribunBatam.id dengan judul: Banjir Setinggi Satu Meter Lebih, Jalan Menuju Perumahan Kodim Batuaji Batam Lumpuh

Artikel ini telah tayang di Kompas.id dengan judul: Satu Hari Diguyur Hujan Lebat, Banjir dan Longsor Terjadi di Batam

https://regional.kompas.com/read/2023/03/01/135131578/banjir-terjang-batam-sejumlah-perumahan-tergenang-hingga-1-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke