Salin Artikel

Kirab Prajurit di Peringatan Kenaikan Takhta Mangkunagara X

SOLO, KOMPAS.com - Kirab Prajurit Pura Mangkunegaran bakal mewarnai peringatan hari kenaikan takhta atau Jumenengan Tingalan Jumenengan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagara X yang pertama, pada Rabu (1/3/2023).

Ketua Umum Tingalan Jumenengan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagara X yang pertama GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo mengatakan pelaksanaan Kirab Prajurit sebagai bentuk restorasi budaya dari sumber-sumber arsip era Mangkunegara VII.

"Setelah selesai adat di Mangkunegaran, langsung melakukan kirab bentuk mengapresiasi masyarakat. Dan kami mencoba untuk melakukan seperti apa yang ada di arsip-arsip kami zaman dulu di era Mangkunegara VII, ada kirab sama dengan chord musik dengan prajurit," jelas Gusti Sura sapaan akrabnya.

Kirab Prajurit ini bakal digelar pada pukul 12.30 WIB, dengan peserta kirab ada 160 bregada, 30 korps musik Pura Mangkunegaran dan 30 korps musik komando daerah militer.

Sebelum Kirab Prajurit, bakal digelar upacara adat peringatan kenaikan tahta pertama KGPAA Mangkunagara X di Pendopo Pura Mangkunegaran, Rabu (1/3/2023) dengan rangkaian acara dimulai dari pukul 09.30 WIB.

Rangkaian acara mulai dari wilujengan atau tasyakuran, penampilan Tarian Bedhaya Anglir Mendhung dengan iringan gamelan Kyai Kanyut Mesem.

Acara kali ini akan dihadiri sekitar seribuan tamu undangan, mulai dari keluarga, kerabat Pura Mangkunegaran, Abdi Dalem hingga tamu kenegaraan seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diundang beserta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Tamu undangan hingga acara kirab totalnya mungkin hampir 1000 orang sama seperti tahun kemarin. Tapi tahun ini untuk yang kirab itu, silakan kalau misal para tamu juga mau ikut, juga bisa nyambung di paling belakang (barisan)," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/28/181800278/kirab-prajurit-di-peringatan-kenaikan-takhta-mangkunagara-x

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke