Salin Artikel

Komplotan Pencuri Ponsel Penonton Konser Purworejo Spektakuler Berasal dari Malang

Komplotan itu berasal dari Malang, Jawa Timur.

Kasat Reskrim Polres Purworejo, AKP Khusen Martono menyebutkan, terdapat kurang lebih 12 orang terduga pelaku yang berhasil ditangkap. Mereka mengendarai mobil ELF dengan nomor polisi AA AG 7481 K.

"Iya betul para komplotan ini dari Malang, Jawa Timur. Penangkapan dilakukan di Wates, Kulonprogro, Yogyakarta setelah dilakukan pengejaran," kata Khusen saat ditemui di Mapolres Purworejo pada Sabtu (25/2/2023).

AKP Khusen menyebutkan, dalam penangkapan itu petugas berhasil menyita 36 ponsel berbagai merek yang diduga hasil pencurian saat konser.

Komplotan pencuri asal Malang itu berhasil ditangkap petugas, setelah dilakukan pengejaran, kurang dari 1 x 24 jam.

"Sesuai data pemeriksaan awal, mereka berasal dari Malang, Jawa Timur, mereka datang menggunakan mobil Elf. Modusnya mereka datang lalu masuk ke tengah keramaian saat konser secara bergerombol lalu melakukan aksi," kata Khusen.

Sebagai barang bukti, lanjutnya, petugas mendapati sekitar 36 ponsel berbagai merek, diduga hasil pencurian.

Untuk memastikan apakah ponsel itu merupakan hasil pencurian, saat ini petugas tengah memberikan pengumuman kepada masyarakat untuk datang ke Polres Purworejo.

"Untuk yang merasa kehilangan ponsel saat menonton konser Purworejo Spektakuler petugas sudah melakukan informasi melalui medsos maupun grup WhatsApp," kata dia.

Mendapati informasi itu para warga yang merasa kehilangan berduyun-duyun datang ke Mapolres Purworejo, untuk mencari ponsel yang hilang. Mereka datang dengan membawa bukti kardus ponsel atau identitas diri yang dimiliki.

Dari sebagian mereka yang datang ada yang bisa mendapatkan kembali HP yang hilang, namun ada juga yang belum berhasil mendapatkan, lantaran diduga dicuri bukan oleh kawanan terduga pelaku yang berhasil ditangkap.

"Alhamdulillah sudah ketemu, senang banget, namun belum boleh diambil karena sementara masih untuk BB," kata Huda, salah satu pemilik ponsel.

Diberitakan sebelumnya, puluhan penonton konser Purworejo Spektakuler mengaku kehilangan ponsel saat menyaksikan penampilan sejumlah artis di area depan panggung utama.

Dimas (25), penonton asal Kelurahan Borokulon Kecamatan Banyuurip mengaku kehilangan ponselnya di depan pangggung bagian depan. Saat itu, ia bersama sejumlah temannya tengah asyik berjoget dan menikmati iringan musik.

Tiba-tiba ada 4 sampai 5 pria di sebelahnya yang membentuk formasi seperti lingkaran dan tanpa diketahui menyerobot ponsel yang berada di dalam saku celananya.

"Ada satu yang menyelinap trus mengambil HP terus dilempar, HP nya saya taruh kantong, yang di tas pun juga banyak yang hilang," kata Dimas usai melaporkan kejadian itu ke polisi pada Sabtu (25/2/2023) malam.

Mengetahui ponselnya raib, ia bersama sejumlah teman yang juga mengaku kehilangan langsung melaporkan ke petugas jaga di Pos Satlantas.

Nasib serupa dialami oleh Lutfil Hakim (21), penonton asal Kabupaten Wonosobo. Ia mengaku kehilangan 1 unit ponsel Samsung A11 saat sedang berada di padatnya kerumunan penonton.

"Motifnya itu mengagetkan penonton bahwa ada ular dan salah satu pelaku mendorong serta mengambil HP," sebutnya

Konser Purworejo Spektakuler digelar dalam rangka Hari Jadi ke-192 Kabupaten Purworejo, di Alun-Alun Kota Purworejo, pada Jumat 24 Februari 2023 malam. Puluhan ribu penonton memadati alun-alun terbesar di Jawa Tengah tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/25/122411478/komplotan-pencuri-ponsel-penonton-konser-purworejo-spektakuler-berasal-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke