Salin Artikel

PAN Bakal Umumkan Capres-Cawapres di Rakornas, Waketum: Di Internal Kuat Sekali Menghendaki Pak Ganjar

SEMARANG, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menyebut, pihaknya bakal mengumumkan capres dan cawapres pemilu 2024 pada konsolidasi nasional di Semarang, Minggu (26/2/2023) mendatang.

"Kemungkinan besar akan disampaikan pematangan dari hasil Rakernas tahun lalu. Siapa capres-cawapres yang akan diusung, kemungkinan besar akan diumumkan di Rakornas nanti," kata Yandri, pada Kamis (23/2/2023).

Hal itu Yandri sampaikan usai Rapat Persiapan Konsolidasi di Gedung Dharma Wanita Jawa Tengah.

Rakornas dan sekaligus bimtek itu akan diikuti 2.000 kader PAN dari seluruh Indonesia.

Termasuk dari anggota DPR RI, DPRD kota dan provinsi, para kepala daerah, beserta caleg potensial.

"Kami hari ini berkoordinasi dengan semua pihak yang ikut menyukseskan acara yang Insya Allah akan dibuka oleh Presiden Jokowi dan dihadiri Pak Ganjar Pranowo, Erick Thohir, ada juga Wali Kota Solo Mas Gibran, dan tuan rumah Wali Kota Semarang, dan agendanya jelas konsolidasi nasional," ujar dia.

Pihaknya mengaku telah merekomendasikan banyak nama sebelumnya.

Dari klaster kepala daerah terdapat Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa. Kemudian dari klaster menteri terdapat Erick Thohir.

"Dari ketum parpol tentu Bang Zul (Zulkifli Hasan), ada juga Pak Airlangga, kemudian ketum PPP, semenjak Rakernas habis setiap minggu kami diskusi bersama ketum dan pimpinan lain, terus kita matangkan," kata dia.


Pihaknya juga menegaskan, rekomendasi nama muncul hanya dari partai yang tergabung di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni PAN, PPP, dan Golkar.

Sementara dari kalangan menteri hanya ada Erick Thohir.

"Karena KIB, jadi semua ketua umum KIB kita masukkan rekomendasi, terus kepala daerah, menteri yang potensial menurut kita Erick Thohir, katum parpol lain tidak masuk rekomendasi kita, seperti AHY, Prabowo enggak kita masukkan karena kita berpikir tentang KIB saja, PAN, PPP, dan Golkar," ujar dia.

Soal pemilihan lokasi Rakernas di Semarang, ia menjawab untuk membangkitkan kembali kader di Jawa Tengah.

"Untuk PAN kembali kursi Senayan terisi. Kedua tentu kami ingin pastikan hubungan nama-nama yang kami sounding di Rakernas itu makin dekat. Misal Pak Ganjar, kami katakan tadi memang di internal partai di beberapa DPW dan DPD, kuat sekali menghendaki Pak Ganjar," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/23/161450078/pan-bakal-umumkan-capres-cawapres-di-rakornas-waketum-di-internal-kuat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke