Salin Artikel

Upacara Adat Kenaikan Takhta Mangkunegara X Digelar 1 Maret, Presiden Jokowi hingga Prabowo Subianto Akan Datang

Direncanakan, jumenengan bakal digelar di Pendopo Pura Mangkunegaran, dengan sejumlah rangkaian, mulai dari menampilkan tarian Bedhaya Anglir Mendung, hingga syukuran.

"Mohon doanya semoga acara berjalan dengan lancar. Persiapan sejauh ini sangat baik, harapannya acara terlaksana dengan baik," kata KGPAA Mangkunegara X, Kamis (23/3/2023).

Berbeda saat jumenengan tahun lalu. Kali ini, tamu undangan akan berjumlah lebih banyak karena telah dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Lebih banyak untuk keluarga, kerabat dan juga tentu pihak pihak yang selama ini kita berkolaborasi, bersama bersinergi, bersama mendukung, Mangkunegaran serta relasi-relasi semuanya," katanya.

Di antara tamu undangan, adapun tokoh penting seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, juga turut diundang.

"Tentunya mengundang Pak Presiden, karena bagaimanapun dan beliau juga menghadiri tahun lalu, Jumenengan tahun lalu. Tapi, kesibukannya beliau sangat luar biasa, banyak sekali, jadi tentu mengharapkan kehadiran beliau," jelasnya.

"Menteri-menteri juga diundang, sama juga kayak Pak presiden, dengan kesibukannya. Rencananya Pak Menteri BUMN, Pak Menhan, juga beberapa kali mengunjungi kami," lanjutnya.

Selai itu, pasar rakyat juga disiapkan untuk menyambut jumengaan. Pasar Rakyat di Pamedan Pura Mangkunegaran, pada Sabtu-Minggu (25-26/2/2023) siang. Pasar rakyat mengangkat potensi kuliner dan UMKM.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/23/151057378/upacara-adat-kenaikan-takhta-mangkunegara-x-digelar-1-maret-presiden-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke