Salin Artikel

Dijanjikan Bisnis Kelapa Sawit di Riau, Pria Asal Tasikmalaya Malah Kena Tipu

Keduanya berinisial SW (59) dan MAS (57), warga Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sedangkan korbannya adalah Bagus (57), warga Tasikmalaya yang berdomisili di Banyumas.

Kapolsek Purwokerto Timur, AKBP Sambas Budi Waluyo menjelaskan, kasus penipuan itu bermula saat kedua tersangka menawari korban membuat usaha bersama.

"Korban ditawari usaha bersama pembuatan pabrik pengolahan minyak sawit di Riau dan dijanjikan akan diberikan saham perusahaan tersebut," kata Sambas kepada wartawan, Kamis (23/2/2023).

Sambas mengatakan, korban saat itu menyanggupi memberikan uang sebesar Rp 50 juta dari total kebutuhan yang disampaikan tersangka sebanyak Rp 250 juta.

"Namun setelah dicek oleh korban, ternyata pabrik tersebut tidak ada. Kemudian korban dijanjikan modal usaha tersebut akan dikembalikan. Namun hanya diyakinkan dengan foto cek yang ternyata kosong," ujar Sambas.

Sadar menjadi korban penipuan, pada akhir 2022 melaporkan kasus tersebut ke Mapolsek Purwokerto Timur.

"Pelaku berhasil diamankan saat berada di wilayah Jakarta Pusat. Saat ini pelaku beserta barang bukti diamankan di mapolsek," kata Sambas.

Atas perbuatannya, MAS dan SW dijerat dengan Pasal 378 juncto 372 KUHP dengan ancaman pidana penjara empat tahun.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/23/121733578/dijanjikan-bisnis-kelapa-sawit-di-riau-pria-asal-tasikmalaya-malah-kena

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke