Salin Artikel

13 Hari Disandera KKB, Pilot Susi Air Kapten Philip Disebut Masih Hidup

"Pilot masih hidup," kata Sembiring di Mimika, Senin (20/2/2023).

Jo, sapaan akrab Danrem, tidak menjelaskan secara rinci bagaimana ia mengetahui kondisi Kapten Philip yang ditawan Egianus Kogoya dan kelompoknya di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada 7 Februari 2023.

Ia hanya meminta semua pihak bersabar karena operasi penyelamatan Kapten Philip terus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Menurut dia, tantangan terbesar yang dihadapi adalah kondisi geografis lokasi-lokasi yang diduga menjadi tempat persembunyian Egianus.

"Papua ini cukup luas, dari satu titik ke satu titik lain harus kita tempuh dengan angkutan udara, ini tantangannya, jadi kita benar-benar harus cermat untuk menggunakan alusista dan sumber daya kita yang ada," kata dia.

Nama Egianus Kogoya kembali menjadi sorotan setelah ia dan kelompoknya mengancam akan membunuh 15 pekerja bangunan yang sedang membangun Puskesmas Distrik Paro, pada 4 Februari 2023.

Kemudian Egianus membakar pesawat Susi Air dan menyandera pilot Philip Mark Merthens yang merupakan warga negara Selandia Baru, pada 7 Februari 2023.

Akibat aksi-aksi tersebut, warga DIstrik Paro memilih mengungsi ke Kenyam sehingga saat ini wilayah tersebut tidak berpenghuni.

Pada 18 dan 19 2022, Tim Gabungan Operasi Damai Cartenz melakukan operasi penegakan hukum di tiga lokasi berbeda. Hasilnya, puluhan barang bukti berhasil diamankan, mulai dari senjata api hingga kamera video profesional, serta alat komunikasi.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/20/162056978/13-hari-disandera-kkb-pilot-susi-air-kapten-philip-disebut-masih-hidup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke