Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] UII Minta Interpol Terbitkan "Yellow Notice" | Mobil Brio Diamuk Massa Usai Isi BBM di Makassar

KOMPAS.com - Kabar soal hilangnya Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie Pratama, mendapat banyak sorotan dari pembaca Kompas.com, pada Minggu (19/2/2023).

Ahmad Munasir Rafie Pratama tidak diketahui keberadaanya setelah menghadiri aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.

Dari jejak digital yang ditemukan tim dari UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama terakhir terdeteksi berada di Istanbul, Turkiye.

Sementara itu, mobil Brio warna merah diamuk massa setelah mengisi BBM di SPBU Makassar, Sulawesi Selatan.

Mobil tersebut menjadi sasaran amuk massa lantaran diduga tidak membayar pengisian BBM lalu kabur hingga menabrak pengguna jalan yang lain.

Akibat kejadian itu, mobil tersebut mengalami kerusakan parah. Aksi yang memperlihatkan amuk massa itu pun terekam dalam video yang tersebar dan viral di media sosial.

Kedua berita itu bersama tiga artikel lainnya menerima atensi terbanyak dari para pembaca Kompas.com pada Minggu (19/2/2023).

Berikut ini lima berita Populer Nusantara selengkapnya:

1. UII minta Interpol terbitkan "Yellow Notice"

Rektor UII Yogyakarta, Fathul Wahid mengatakan, untuk menemukan Ahmad Munasir Rafie Pratama, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan KBRI di Oslo dan KJRI Istanbul.

Fathul menyampaikan, UII juga mengajukan permohonan perlindungan untuk Ahmad Munasir Rafie Pratama melalui Kementerian Luar Negeri.

"Kami juga mengajukan permohonan perlindungan Ahmad Munasir Rafie Pratama melalui Pelayanan dan Pelindungan WNI di Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri RI," kata Fathul.

Selain itu, UII juga mengirimkan surat ke Interpol demi menemukan Ahmad Munasir Rafie Pratama.

"(UII) Mengirimkan surat kepada Sekretaris NCB-Interpol Indonesia untuk menerbitkan Yellow Notice untuk pencarian orang hilang," ujar Fathul.

Baca selengkapnya: Dosen Ahmad Munasir Rafie Hilang, UII Kirim Surat ke Interpol untuk Menerbitkan Yellow Notice

Kasatlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda membenarkan soal terjadinya amuk massa terhadap mobil Brio merah tersebut.

Perusakan Brio merah itu terjadi di depan Pos Polisi Tello, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (18/2/2023).

Menurutnya, mobil Brio merah itu awalnya kabur dan tidak membayar setelah mengisi BBM di SPBU Jl Tentara Pelajar, Makassar.

"Awalnya bukan tabla (tabrak lari) tapi ada dugaan pelaku mengisi BBM namun lari dari SPBU Tentara Pelajar atau kurang membayar," ucap Zulanda, dikutip dari TribunTimur.com.

Baca selengkapnya: Mobil Brio Merah Diamuk Massa usai Isi BBM di SPBU Makassar, Kabur setelah Tak Bayar hingga Tabrak Pengendara Lain

Banjir yang melanda Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), dalam sepekan terakhir dianggap cukup parah.

Mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyampaikan, wilayah Jagalan yang sebelumnya tidak pernah banjir kini terendam hampir mencapai 1,5 meter.

Untuk mengatasi situasi tersebut, pria yang akrab disapa FX Rudy itu memberi beberapa saran kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Dia menyarankan, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo perlu mengganti pompa dengan yang lebih efisien serta pembenahan terhadap pintu air.

"(Pompa) Yang diesel mungkin bisa diganti dengan pompa elektrik. Tidak perlu dipanasi dan lain sebagainya," kata FX Rudy kepada TribunSolo.com, Sabtu (18/2/2023), dikutip Kompas.com pada Minggu (19/2/2023).

Baca selengkapnya: Solo Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir, FX Rudy Beri Saran kepada Gibran

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan pembakaran sebuah rumah di samping Tower Telkom di Kampung Kago, Distrik Gome, pada Sabtu (18/2/2023).

KKB juga terlibat kontak tembak dengan aparat gabungan TNI-Polri di Kampung Nipuralome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Sekitar pukul 12.50 WIT terdengar letusan senjata api sebanyak satu kali dan terlihat asap tebal dari arah tower Telkomsel Ilaga dan tim gabungan melakukan respons ke sumber asap berasal," ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignasius Benny Ady Prabowo, melalui keterangan tertulis, Sabtu malam.

Saat tiba di lokasi, personel gabungan melihat sumber asap berasal dari salah satu rumah warga yang telah terbakar.

Baca selengkapnya: KKB Bakar Rumah dan Terlibat Kontak Senjata dengan TNI-Polri di Puncak Papua Pegunungan

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo mengatakan, telah memerintahkan kepada Dandim 1607 Sumbawa dan Komandan Subdenpom IX/2 Sumbawa untuk segera melaksanakan penyelidikan terhadap kasus viral di media sosial soal pengeroyokan terhadap lima orang oleh anggota TNI di Sumbawa.

Selain itu, dia mengaku, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kapolres Sumbawa untuk mengusut kasus tersebut.

"Kami akan selidiki permasalahan ini sampai tuntas dan jika nanti dari hasil penyelidikan bersama dari Kodim Sub Denpom dan Polres Sumbawa memang ada anggota kami terbukti bersalah maka kami akan tindak sesuai hukum yang berlaku sesuai dengan kesalahannya," tegas Danrem melalui siaran persnya Sabtu malam (18/2/2023).

Baca selengkapnya: Viral Video 5 Orang Dikeroyok Anggota TNI di Sumbawa, Danrem 162/WB: Selidiki Tuntas

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma, Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi, Kontributor Sumbawa, Susi Gustiana | Editor Robertus Belarminus, Riska Farasonalia, Muhamad Syahrial, Robertus Belarminus, Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2023/02/20/050000678/-populer-nusantara-uii-minta-interpol-terbitkan-yellow-notice-mobil-brio

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke