Salin Artikel

Sedang Perbaiki Rumah, Seorang Warga Temukan 2 Granat Aktif dan Pistol Bayard Buatan Belgia

Wilsa menemukannya saat merenovasi loteng rumahnya.

"Awalnya tukang rongsokan bernama Budi menemukan sebuah pistol, kemudian menyusul dua buah granat," kata Wilsa di Makodim Pekalongan, Jumat (17/2/2023).

Dari temuan itu, kemudian Wilsa menghubungi Babinsa untuk menindaklanjuti agar diamankan. Dia sendiri tidak mengetahui pasti siapa yang menyimpan granat dan pistol tersebut.

Namun, menurut Wilsa, kakeknya yang sudah lama meninggal kemungkinan adalah orang yang menyimpannya. Komandan Kodim (Dandim) 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya mengapresiasi kepada Babinsa yang tanggap.

“Ini merupakan bukti keberhasilan Kodim 0710 Pekalongan khususnya Babinsa Koramil 19 Pekalongan Utara Serka Alusius Jawa dalam melaksanakan kegiatan komunikasi sosial, sehingga dua granat dan satu pistol ini diserahkan oleh saudara Wilsa Widyaningsih kepada TNI,” kata Rizky.

Menurut Dandim, dua granat tersebut kondisinya masih aktif sehingga apabila tidak diamankan bisa berakibat fatal.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi menjelaskan, dua granat yang akan dimusnahkan (disposal) sudah berkoordinasi dengan Batalyon B Pelopor Satbrimob Pekalongan Polda Jawa Tengah.

“Kami rencanakan untuk granat akan kita laksanakan disposal, sementara kita susun administrasi untuk bantuan ke Satbrimob,” ungkap AKBP Wahyu Rohadi.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/17/163757778/sedang-perbaiki-rumah-seorang-warga-temukan-2-granat-aktif-dan-pistol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke