Salin Artikel

Upaya Bebaskan Kapten Philip yang Disandera KKB, Pangdam Cenderawasih Tunjuk Danrem 172 Jadi Dankolakops

Dankolakops TNI, nantinya akan berkoordinasi dengan Operasi Damai Cartenz yang dipimpin Kombes Faizal Ramadhani.

"Saya selaku Pangdam XVII/Cenderawasih sudah menunjuk Danrem 172 sebagai Dankolakops TNI untuk memimpin pelaksanaan operasi ini dan bersinergi dengan Satgas Damai Cartenz yang dipimpin oleh Kombes Faizal, secara teknis dan taktis sudah dipersiapkan," ujar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa, di Jayapura, Kamis (16/2/2023).

Sementara Brigjen J.O. Sembiring yang baru ditunjuk sebagai Dankolakops menyatakan siap untuk menjalankan misi pembebasan Kapten Philip bersama-sama dengan seluruh Komando Operasi (Koop) yang ada.

Menurut dia TNI bersama kepolisian akan berupaya maksimal untuk memulangkan Kapten Philip dengan selamat.

"Kita mengerahkan semua potensi dan sumber daya yang ada, TNI semua sumber daya kita kerahkan, Polri juga semua sumber daya kita kerahkan, kita juga berkoordinasi dengan jajaran BIN, kita juga dibantu semua Koop-Koop yang ada di Papua," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KKB pimpinan Egianus Kogoya menyandera pilot Susi Air setelah kelompok tersebut membakar pesawat Susi Air di Lapangan Terbang Paro, Selasa (7/2/2023) pagi.

Keberadaan pilot Philip Mark Merthens pun hingga kini masih menjadi tanda tanya.

Sedangkan Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri menyatakan saat ini Kapten Philip ada di tangan Egianus Kogoya, namun lokasi persisnya belum dapat dipastikan.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/16/162939078/upaya-bebaskan-kapten-philip-yang-disandera-kkb-pangdam-cenderawasih-tunjuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke