Salin Artikel

Gibran Langsung Hubungi FX Rudy lewat WA Minta supaya Tak Terpancing Hasil Survei

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka langsung menghubungi Ketua DPC PDI-P sekaligus mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo melalui WhatsApp (WA) terkait hasil survei indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Jawa Tengah.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini meminta supaya pria yang akrab disapa Rudy tidak terpancing dengan hasil survei tersebut.

Diketahui, hasil survei kepuasan masyarakat terhadap Pemerintahan Gibran-Teguh (Teguh Prakosa) dinilai lebih tinggi dibandingkan Pemerintahan Rudy-Purnomo (Achmad Purnomo).

"Intinya jangan terprovokasi dengan berbagai informasi dan survei-survei yang seperti itulah. Kalau aku santai wae kok. Beliau juga santai," kata Gibran, di Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (16/2/2023).

Gibran sebelumnya meminta tidak membandingkan kinerjanya dengan pemerintahan sebelumnya.

Sebab, kata Gibran, dirinya hanya melanjutkan program pemerintahan sebelumnya.

"Jangan dibanding-bandingkan. Ya tidak mungkin, saya baru dua tahun kurang. Tidak mungkin tinggi. Pak Rudy dua periode lho," kata Gibran saat di Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Rabu (15/2/2023).

Meski demikian, pihaknya mengaku berterima kasih jika kinerjanya dianggap lebih baik.

"Ya maturnuwun. Terima kasih aspirasinya dari warga. Yang jelas pembangunan yang sekarang itu melanjutkan program-program dari Pak Rudy dan Pak Purnomo ya. Jadi bukan program-program saya," ujar dia.

Adapun program-program yang dimaksud yakni pembangunan Pasar Legi, HP 16 Kawasan Semanggi, konsolidasi dengan warga dan sebagainya.

"Intinya kontribusinya besar dari Pak Rudy, bagaimanapun dia sebagai mentor dan guru saya," ujar dia.

"Apalagi sekarang ini, Pak Rudy sebagai Ketua DPC kita masih bersinergi," lanjutnya.

Rudy juga menanggapi santai hasil survei yang dilakukan Unisri Solo terkait kepuasan masyarakat terhadap dirinya rendah dibanding Gibran.

"Ya jelaslah. Nak Rudy, satu, tidak sekolahan. Lantas pengetahuan, ilmu, dari Mas Gibran pengalaman sekolahnya lebih tinggi, dan saya asalnya dari buruh. Beda noh nak saya dari buruh, sekolah STM dinilai masyarakat itu wajar nak bagi saya. Ndak apa-apa," kata Rudy.


Rudy pun menyampaikan, apapun penilaian itu, yang penting dirinya melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan baik tanpa ada persoalan hukum.

"Tidak masalah bagi saya. Yang penting saya melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi saya dan menyelesiakan tugas tanpa ada persoalan-persoalan hukum," ungkap dia.

Survei IKM dilaksanakan selama 10 hari dimulai dari tanggal 1 Februari sampai 10 Februari 2023.

Survei melibatkan 560 responden menggunakan teknik wawancara face to face dengan instrument data tertutup (kuisioner).

Distribusi sampel atau responden cukup merata berdasarkan kategori gender, kelompok usia, tingkat pendidikan, sosok rumah tangga dan pekerjaan.

Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) Unisri Solo, Suwardi mengatakan data kepuasan masyarakat tahun kedua pemerintahan Gibran lebih tinggi dari Rudy diperoleh dipertanyaan terakhir setelah menanyakan terkait kinerja tahun kedua Pemerintahan Gibran dan Teguh.

Pertanyaan ini secara spontan disampaikan kepada masyarakat atau responden setelah sebelumnya mereka ditanya terkait dua tahun pemerintahan Gibran-Teguh.

"Maka pertanyaan terakhir saya tanyakan menurut anda mana yang lebih baik wali kota yang sekarang Gibran atau wali kota sebelumnya Rudy begitu. Lalu jawaban masyarakat 76,8 persen mengatakan Mas Gibran lebih baik. Sedangkan yang mengatakan Pak Rudy lebih baik itu 12,3 persen," kata Ketua Prodi MAP Unisri Solo Suwardi dalam konferensi pers hasil survei IKM tahun kedua Pemerintahan Gibran-Teguh di Kampus Unisri Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/2/2023).

"Jadi tidak spesifik di sektor apa karena sebelumnya kita tanyakan banyak indikator tentang tingkat kepuasan pemerintahan Gibran-Teguh," sambung dia.

Dikatakan ada tujuh aspek apresiasi capaian kinerja positif tahun kedua pemerintahan Gibran-Teguh, yakni kualitas pelayanan aparatur pemkot di kantor lurah, camat dan balai kota; pengelolaan isu keamanan; pengaturan lalu lintas; pengaturan pedagang kaki lima.

Kemudian responsivitas pemkot atas persoalan warga; keberpihakan pemkot pada keluarga pra sejahtera; kebihakan pemerintah kota untuk mendorong perkeonomian melalui pembangunan infrastruktur perkotaa  dan penyelenggaraan berbagai event skala nasional, internasional maupun lokal lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/16/151705478/gibran-langsung-hubungi-fx-rudy-lewat-wa-minta-supaya-tak-terpancing-hasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke