Salin Artikel

Bahagianya Narti Mendapat Kursi Roda Adaptif untuk Anaknya yang Lumpuh Sejak Usia 3 Tahun

Narti mengatakan, bantuan kursi roda adaptif ini digunakan anaknya yang mengalami kelumpuhan sejak usia 3 tahun. Hingga menginjak usia yang ke 12 tahun, anaknya hanya menghabiskan waktu di rumah.

"Selama ini enggak pernah pakai kursi roda, di rumah aja, enggak ngapa-ngapain. Kalau ada kursi roda kan bisa jalan-jalan," kata Narti dengan senyum semringah usai menerima bantuan di Markas Korem 071/ Wijayakusuma, Banyumas, Rabu (15/2/2023).

Narti menceritakan, awalnya anak bungsunya itu normal seperti anak-anak pada umumnya. Namun saat memasuki usia 3 tahun anaknya sakit batuk.

"Tadinya cuma batuk waktu umur 3 tahun, tapi batuknya sampai dua bulan. Setelah itu kejang-kejang sampai tiga jam," tutur Narti.

Sejak saat itu, anaknya kesulitan berjalan.

Hal senada disampaikan penerima bantuan kursi roda adaptif lainnya, Dwi Siswati (40), warga Kecamatan Kalibagor, Banyumas.

Dwi mengaku, sekarang banyak yang memperhatikan kondisi anaknya yang berusia 10 tahun. Menurutnya, saat kecil anaknya terserang virus hingga menyebabkan tidak bisa berjalan.

"Senang sekarang banyak yang mengayomi, banyak yang merangkul. Kalau dulu berasa sendiri, sekarang ada wadahnya, jadi banyak yang merangkul," kata Dwi.

Pendamping Peguyuban Penyandang Disabilitas Ganda (PPDG) Banyumas, Robert Antonius mengatakan, sebanyak 95 anggota telah menerima bantuan kursi roda adaptif yang diserahkan secara bertahap.

"Dari 95 kursi roda yang diterima, 55 di antaranya merupakan bantuan dari TNI bekerja sama dengan Ohana Indonesia. Mudah-mudahan kita bisa terus berkolaborasi," ujar Robert.

Menurut Robert, penyandang disabilitas ganda sangat memerlukan bantuan tersebut. Pasalnya mereka mengalami dua kelainan sekaligus, sehingga tidak bisa beraktivitas normal.

"Kita bicara kesetaraan untuk penyandang disabilitas ganda, intinya kembalikan hak mereka. Di balik kekurangan mereka pasti punya potensi atau kelebihan," kata Robert.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/15/111754078/bahagianya-narti-mendapat-kursi-roda-adaptif-untuk-anaknya-yang-lumpuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke