Salin Artikel

Kapal Cepat Berpenumpang 85 Orang Alami Mati Mesin di Teluk Tomini

GORONTALO, KOMPAS.com – Kapal cepat Express Priscilia 88 yang mengangkut 85 orang mengalami mati mesin di tengah laut Teluk Tomini, Senin (12/2/2023).

Kapal dan penumpangnya ini masih terombang-ambing di posisi arah selatan Pelabuhan Kota Gorontalo dengan jarak 33,5 NM.

“Malam in tim SAR bergerak menggunakan Rescue Boat  216 menuju lokasi kapal Express Priscilia yang sementara mengalami mati mesin di Teluk Tomini,” kata Heriyanto Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Provinsi Gorontalo.

Heriyanto menjelaskan, Rescue Boat 216 yang berangkat ini membawa sejumlah peralatan pendukung pencarian dan pertolongan, seperti life jacket dan peralatan medis.

Ia menjelaskan awal menerima laporan kejadian kecelakaan ini pada malam pukul  19.15 wita saat petugas komunikasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo menerima informasi dari Kapten Rohi nahkoda kapal cepat Express Priscillia 88.

“Kapten Rohi melaporkan mereka mengalami kecelakaan mati mesin kapal cepat Express Priscillia 88 dengan POB 85 orang di Perairan Teluk Tomini, mereka meminta bantuan SAR,” ujar Heriyanto.

Tim pencarian kapal cepat ini melibatkan beberapa unsur yang berasal dari 10 orang rescuer dari Kantor Pencarian dan Pertolongan, 9 orang anak buah kapal Rescue Boat 216, dan 3 orang dari kantor Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP).

“Cuaca di lokasi cerah, perkiraan ketinggian ombak antara 1 hingga 1,5 meter,” ucap Heriyanto.

Kapal cepat Express Priscillia 88 mmeiliki ukuran Panjang 30 meter dan badan berwarna oranye. Kapal ini melayani rute Gorontalo – Pagimana Sulawesi Tengah pergi pulang (PP) dengan jarak tempuh 3,5 jam.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/13/213103378/kapal-cepat-berpenumpang-85-orang-alami-mati-mesin-di-teluk-tomini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke