Salin Artikel

Kapal Dumai Line Tabrak Hutan Bakau di Kepulauan Meranti, Semua Penumpang Selamat

Kepala Unit Siaga SAR Kepulauan Meranti, Herrie Prima mengatakan, jumlah penumpang di dalam kapal itu sebanyak 234 orang.

"Untuk penumpang berjumlah 234 orang. Semuanya dalam keadaan selamat," kata Herrie saat diwawancarai wartawan, Senin (13/2/2023).

Dia mengatakan, kapal tersebut berangkat dari Batam, Kepulauan Riau menuju Dumai.

Namun, dalam perjalanan kapal mengalami kecelakaan hingga menabrak hutan bakau dan kandas.

"Setelah kejadian itu, kapal dibawa ke Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang," sebut Herrie.

Sebagaimana diberitakan, kecelakaan laut dialami Kapal MV Dumai Line 9 di perairan Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Minggu (12/2/2023), sekitar pukul 10.50 WIB.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti, Eko Setiawan, kecelakaan kapal itu diduga akibat hilang kendali.

"Dugaan sementara, kapal hilang kendali karena menghindari sesuatu. Lalu, kapal menabrak tebing hutan bakau," kata Eko saat dikonfirmasi Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu.

Lambung kapal bagian depan masuk ke dalam hutan bakau. Eko juga menyebut tidak ada korban jiwa dari kecelakaan kapal tersebut.

Eko menjelaskan, kapal tersebut berangkat dari Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, menuju Kabupaten Kepulauan Meranti dan Dumai.

Begitu pihaknya mendapat laporan kecelakaan kapal, anggota BPBD Kepulauan Meranti langsung berangkat ke lokasi bersama Basarnas, TNI AL, dan anggota Polsek setempat.

"Cuma pas kami sampai di sana, posisi kapal sudah berada di air. Karena mesin masih di air, jadi mungkin mundur lagi," kata Eko.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/13/105441178/kapal-dumai-line-tabrak-hutan-bakau-di-kepulauan-meranti-semua-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke