Salin Artikel

Ratusan Mahasiswa Indonesia di Kahramanmaras Turkiye Berencana Pulang, Perkuliahan Belum Jelas Pascagempa

SEMARANG, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa asal Indonesia yang terdampak bencana gempa di Provinsi Kahramanmaras, Turki berencana akan pulang ke Indonesia.

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Kahramanmaras, Hammam Ishthifaulloh mengatakan, diprediksi perkuliahan bakal libur panjang.

"Karena banyak gedung perkuliahan yang roboh setelah terjadi gempa," jelasnya saat dihubungi via telepon dengan Kompas.com, Jumat (10/2/2023).

Menurutnya, perkuliahan di Kahramanmaras bakal libur berbulan-bulan. Para mahasiswa berencana akan pulang ke Indonesia terlebih dahulu.

"Untuk kuliah bakal libur lama hampir berbulan bulan," ungkap Hammam.

Sampai saat ini, dia belum mengetahui kapan perkuliahan bakal aktif kembali. Untuk itu, dia meminta kepada pemerintah Indonesia agar dibantu mengurus paspor dan identitas.

"Banyak paspor dan identitas mahasiswa yang hilang, kalau bisa pemerintah bisa bantu untuk urus paspor," paparnya.

Sampai saat ini, Hammam masih mengungsi bersama 100 mahasiswa di KBRI. Dia bersyukur tidak ada mahasiswa Indonesia yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

"Sekarang di wisma KBRI bersama sekitar 80 sampai 100 mahasiswa," imbuhnya.

Infomasi yang dia terima, pihak KBRI akan membahas permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa Indonesia di Turki, termasuk paspor.

"Untuk paspor sudah dihubungi sama KBRI katanya bakal dirapatkan lagi," ujarnya.

Sementara, untuk kebutuhan makanan saat ini sudah lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Saat ini makanan sudah disediakan setiap hari.

"Yang kurang cuma pakaian, soalnya banyak yang hanya bawa satu pakaian saat terjadi gempa," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/10/172143578/ratusan-mahasiswa-indonesia-di-kahramanmaras-turkiye-berencana-pulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke