Salin Artikel

Siswa di Polewali Alami Keracunan Massal Usai Jajan Minuman Racikan

Karena mengalami mual, pusing, dan muntah-muntah, para korban terpaksa dilarikan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif.

Insiden ini menimpa murid di SDN 002 Polewali, Polewali Mandar. Sebanyak 8 korban mengalami gejala cukup parah, dan harus dirawat intensif.

Kondisi para siswa umunnya lemas dan mual-mual. Sejumlah siswa harus dilarikan ke Puskesmas Massenga, Kelurahan polewali, Kecamatan polewali setelah alami keracunan massal di sekolahnya.

Para siswa sekolah dasar ini satu persatu diperiksa oleh tim medis puskesmas lantaran mengalami gejala mual hingga muntah-muntah setelah minum minuman racikan. Kebanyakan korban keracunan massal ini mengalami gejala akut hingga demam, pusing, dan sakit perut.

Menurut sejumlah korban, minuman tersebut bersoda dan berwarna merah. Tak lama setelah mereka meminumnya, para siswa ini pun sakit perut, muntah-muntah, pusing hingga sesak napas.

Hingga saat ini, korban yang masih dirawat di puskesmas berjumlah 5 orang siswa. Kelimanya masih dirawat karena kondisinya masih lemas pasca-meminum minuman yang diduga bercampur bahan tak higienis.

Menurut pihak sekolah, awalnya siswa yang mengalami gejala mual dan sakit perut hanya 2 orang. Namun tak berselang lama, sejumlah siswa lainnya juga mengeluhkan sakit dan mual-mual yang sama hingga terpaksa mereka dievakuasi ke puskesmas terdekat.

“Mulanya tidak lama setelah mengkonsumsi jajajan di halaman sekolah para siswa mual-mual dan muntah, karea kondisinya lemas mereka angsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan,”jelas Musdar, guru SD Negeri 002 Polewali.

Pihak sekolah menduga masih banyak siswa yang mengalami keracunan, namun mereka memilih untuk tidak ke rumah sakit lantaran gejala yang dirasakan ringan.

Penanggung jawab perawatan Puskesmas Massenga, yuliana mengatakan, para siswa yang menjadi korban keracunan massal di sekolahnya telah ditangai secara intensif oleh petugas puskesmas.

Beberapa korban di antaranya yang dinyatakan pulih dan hanya mengalami gejala ringan telah diperbolehkan pulang, sementara lainnya kini masih menjalani perawatan intensif karena kondisi fisiknya masih lemah.

“Mereka langsung ditangani dengan cepat oleh tim medis. Beberapa yang tidak mengalami gejala parah sudah diperkenankan pulang. Sementara lainya yang kondisnya lemas dan mual-mual kini masih dirawat intensif tim medis,” jelas Yuliana.

Kasus keracunan massal ini sendiri telah ditangani pihak kepolisian Polres Polewali Mandar.

Sejumlah pedagang yang dilaporkan kerap berjualan makanan dan minuman ringan di halaman sekolah sendiri telah diamankan di mapolres. Saat ini mereka masih sedang menjalani pemeriksaan intensif.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/09/161857278/siswa-di-polewali-alami-keracunan-massal-usai-jajan-minuman-racikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke