Salin Artikel

Gibran soal Namanya Diajukan Jadi Cawapres di Musra XVII: Umure Ora Cukup

SOLO, KOMPAS.com - Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka diajukan sebagai calon wakil presiden (cawapres) harapan rakyat dalam Musyawarah Rakyat Indonesia (Musra) XVII.

Adapun Musra XVII ini diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah, pada 4 Februari 2023.

Dalam Musra itu, putra sulung Presiden Jokowi berada diurutan ke-10 dengan skor 65 atau 0,66 persen.

Selain Gibran, nama lain yang diajukan di Musra itu antara lain Ganjar Pranowo, Moeldoko, Mahfud MD, Arsjad Rasjid, Sandiaga Uno, Erick Thohir, Ridwan Kamil, Puan Maharani dan Muhaimin Iskandar.

Menanggapi namanya muncul diajukan sebagai cawapres harapan rakyat dalam Musra XVII itu, Gibran mengatakan masih belum cukup usia.

"Umure ora cukup (umurnya belum cukup)," kata Gibran, di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/2/2023).

Diketahui, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu sudah mengatur tentang persyaratan usia minimal bagi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Meski dalam hal teori semua warga negara berhak untuk menjadi peserta Pilpres 2024, tetapi ada sejumlah persyaratan yang mesti dipenuhi yang diatur dalam UU 7/2017.


Di dalam Pasal 169 huruf q UU 7/2017 disebutkan, usia minimal untuk seseorang bisa menjadi capres dan cawapres adalah 40 tahun.

Selain itu, capres dan cawapres juga harus mempunyai nomor pokok wajib pajak (NPWP) dan melaksanakan kewajiban membayar pajak dalam 5 tahun terakhir.

Sementara, putra sulung Presiden Jokowi ini masih berusia 35 tahun. Gibran lahir di Solo pada 1 Oktober 1987.

Mengenai namanya muncul dalam Musra sebagai cawapres harapan rakyat, Gibran justru meminta menanyakan yang memunculkan namanya tersebut.

"Ya takono sik munculke (ya tanyakan sama yang memunculkan). Aku ya bingung. Makane aku ya meh takon kok isoh ngunu loh (makanya aku ya mau tanya kok bisa gitu loh). Ngantuk yake (ngantuk mungkin)," ungkap Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/08/171804678/gibran-soal-namanya-diajukan-jadi-cawapres-di-musra-xvii-umure-ora-cukup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke