Salin Artikel

4 Babi Bantuan Kementan untuk Ende Mati di Nagekeo, Diduga akibat Flu Babi Afrika

Belum sempat dibawa ke Kabupaten Ende, empat ekor babi tersebut mati mendadak setelah tampak lemas sebelumnya.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo Clementina Dawo mengatakan, empat ekor babi tersebut mati karena diduga akibat terserang virus African Swine Fever (ASF) atau Flu Babi Afrika.

“Berdasarkan laporan tim di lapangan, menemukan empat ekor babi dari luar yang masuk di Kelurahan Mauponggo beberapa pekan lalu. Babi itu diduga sudah kena virus ASF,” kata Clementina saat dihubungi Kompas.com, Selasa siang.

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan tim di lapangan, pihaknya menemukan empat ekor babi dari luar yang masuk ke Mauponggo.

Berdasarkan hasil wawancara tim di lapangan, empat ekor babi itu merupakan bantuan untuk Kabupaten Ende dari Kementerian Pertanian.

Ke-empat ekor babi itu dalam keadaan lemas, sehingga pihak yang menyalurkan babi tersebut menititipkan pada saudaranya di Kelurahan Mauponggo untuk dipelihara.

“Ketika kita cek empat ekor babi itu diduga sudah terjangkit virus ASF," katanya.

Ia menambahkan, empat ekor babi masuk ke Kabupaten Nagekeo sebelum dikeluarkan edaran terkait larangan babi dari luar masuk ke daerah itu.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/31/142243578/4-babi-bantuan-kementan-untuk-ende-mati-di-nagekeo-diduga-akibat-flu-babi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke