Salin Artikel

Pendaki Wanita Tewas di Gunung Lawu: Proses Evakuasi Terkendala Cuaca

Hingga kini, proses evakuasi masih dilaksanakan oleh Tim Gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim SAR dan para relawan.

"(Proses evakuasi) Masih berlangsung terkendala cuaca. Posisi sekarang masih di pos 4," kata Kalakhar BPBD Karanganyar, Bagoes Darmadi, saat dikonfirmasi Senin (30/1/2023).

Sebelumnya, jenazah warga asal Rejomulyo, Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, pertama kali ditemukan pada pukul 12.55 WIB, Minggu (29/1/2022).

Komandan Markas SAR Karanganyar, Arif Sukro Yunianto, mengatakan dimulainya evakuasi berawal saat warga tak sengaja melihat korban tak bernyawa di depan pepohonan.

"Warga jalan-jalan ke arah Geger Boyo, Gunung Lawu, pada saat di perjalanan menemukan korban atas nama Gati Ambarwati tergeletak di pepohonan di sekitaran TKP," kata Arif.

Setelah penemuan, langsung dilaksanakan pelaporan dan evakuasi dari Tim Gabungan, lewat jalur Cemoro Kandang. Akan tetapi, proses evakuasi awal juga terkendala cuaca, sehingga proses evakuasi tersendat.

"Kondisi di atas hujan dan licin, jadi kalo bisa dilanjut akan dievakuasi sesegera mungkin," kata Arif.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/30/135718878/pendaki-wanita-tewas-di-gunung-lawu-proses-evakuasi-terkendala-cuaca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke