Salin Artikel

Buntut Warga Ditembak Polisi Pengaman Perusahaan, Pabrik Sawit Habis Dibakar Massa

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna mengatakan pembakaran tersebut terjadi pada Senin (30/1/2023) dini hari.

Akibatnya bangunan kantor PT Adi Karya Gemilang (PT AKG) Bahuga (sebelumnya disebut PT Adi Jaya Gemilang) yang berada di Kampung Bumi Agung, Kecamatan Bahuga tersebut habis terbakar.

"Saat ini kondisi sudah kondusif, massa sudah membubarkan diri sejak dini hari tadi," kata Teddy saat dihubungi, Senin.

Dari keterangan yang dihimpun kepolisian, pembakaran itu terjadi ketika sekitar 300 orang datang ke lokasi pabrik sawit itu sekitar pukul 01.00 WIB.

Diduga ratusan massa dari tiga kampung yakni Kampung Bumi Agung, Kampung Giri Harjo, dan Kampung Tulang Bawang itu mendatangi pabrik untuk meminta kejelasan dari pihak perusahaan.

Teddy menyebutkan, ada salah satu warga bernama Anshori yang tewas akibat ditembak oleh oknum personel pengamanan yang bertugas di PT Adi Jaya Gemilang itu.

"Diduga melakukan pencurian sawit di kebun milik perusahaan," kata Teddy.

Lantaran tidak mendapat penjelasan, aksi massa pun berakhir ricuh dan berujung dengan pembakaran sejumlah fasilitas perusahaan.

Dari hasil invetarisir sementara lahan seluas 1 hektare yang berisi pupuk, solar dan peralatan perusahaan habis terbakar.


Selain itu, massa juga membakar kendaraan berupa 5 unit traktor, 4 unit motor, dan 1 unit mobil truk. Total kerugian mencapai Rp 3 miliar.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan setelah melakukan aksi pembakaran massa membubarkan diri pada pukul 03.30 Wib," kata Teddy.

Untuk mengetahui penyebab lebih dalam berdasarkan fakta dilapangan, Polres Way Kanan dibantu Polda Lampung sedang menyelidiki kasus ini.

"Anggota masih mengumpulkan keterangan dari para saksi," kata Teddy.

Diberitakan sebelumnya, seorang sopir truk angkutan kepala sawit tewas ditembak anggota pengamanan perusahaan tempatnya bekerja.

Peristiwa ini terjadi pada Minggu (29/1/2023) sekitar pukul 22.00 WIB di area perkebunan PT Adi Jaya Gemilang yang berada di Kampung Bumi Agung, Kecamatan Bahuga, Kabupaten Way Kanan.

Korban bernama Ansori (32) warga Kampung Bumi Agung yang bekerja sebagai sopir truk angkutan kelapa sawit di perusahaan itu.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/30/132149578/buntut-warga-ditembak-polisi-pengaman-perusahaan-pabrik-sawit-habis-dibakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke