Salin Artikel

Truk Terguling di Tanjakan, Ratusan Kardus Ikan Ekspor Membusuk di Jalan

Diduga, truk nahas asal Tolitoli tujuan Makassar, Sulawesi Selatan tersebut tak mampu mendaki di tanjakan hingga jalan mundur, sebelum akhirnya terguling ke dalam parit.

Ratusan kardus ikan berbagai jenis berhamburan hingga ikan bernilai puluhan juta tersebut membusuk karena berserakan di jalan raya, dalam insiden Minggu (29/1/2023).

Truk bermuatan 9 ton ratusan kardus ikan tersebut jalan mundur puluhan meter, hingga terguling ke dalam parit jalan.

Sopir truk, Syamsir mengaku truk berpelat DN 8564 DB yang dikemudikannya berangkat dari arah Tolitoli, Sulawesi Tengah, menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

Truk tersebut terguling di jalan hingga muatannya jatuh dan berserakan di jalan lantaran gagal menanjak di pendakian Desa Salogatta, Mamuju Tengah.

Akibatnya ratusan boks ikan seberat 9 ton tersebut jatuh dan berhamburan di ruas jalan.

"Ikan-ikannya sempat berserakan di jalan karena tumpah hingga sempat meicu kemacetan panjang,” jelas Ilman, salah satu warga setempat.

Syamsir bersama seorang kernet rekannya berhasil selamat dari kejadian ini.

Puluhan warga setrempat yang ikut prihatin atas musibah tersebut, terlihat turun tangan membantu mengevakuasi 9 ton ikan yang berhamburan di ruas jalan.

Kecelakaan di jlan tanjakan yang kesekian kalinya ini kembali memicu antrean panjang di lokasi kejadian. Meski tidak ada korban dalam kejadian tersebut, namun kerugian materiil ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

“Truknya tak mampu mendaki hingga jalan mundur dan terguling ke dalam parit jalan,” jelas Syamsir, sopir truk

Akibat peritiwa nahas ini, truk ini juga mengalami sejumlah kerusakan, khusunya pada bagian belakang truk yang ringsek karena benturan dengan pembatas bahu jalan di pendakian Desa Salogatta.

Hingga berita ini dibuat, sopir truk nahas masih terus berupaya mencari bantuan alat berat untuk mengevakuasi truk ke tempat yang lebih aman, sambil menyelamatkan ratusan kardus ikan yang sebagian mebusuk karena sempat berhamburan atau berserakan di jalan.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/30/090437578/truk-terguling-di-tanjakan-ratusan-kardus-ikan-ekspor-membusuk-di-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke