Salin Artikel

Empat Jenderal Polisi Lepas Penerbangan Citilink dari Bandara Halim ke Ngloram Blora yang Kembali Beroperasi

Rute penerbangan tersebut dibuka setelah beberapa bulan lalu bandara Halim Perdanakusuma mengalami revitalisasi.

Bupati Blora, Arief Rohman merasa senang dengan kembali beroperasinya rute penerbangan tersebut.

"Saya merasa senang ini seperti mimpi karena sudah lama memimpikan untuk bisa terbang kembali, akhirnya bisa terbang kembali. dengan jumlah penumpang pulang pergi penuh 70 (penumpang)," ucap Arief Rohman saat berada di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (27/1/2023).

Dengan dibukanya kembali rute tersebut, diharapkan mampu berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Cepu dan sekitarnya.

"Muaranya semuanya adalah memberikan kemanfaatan untuk rakyat masyarakat yang ada di Cepu dan sekitarnya," kata dia.

Untuk mendukung rute penerbangan tersebut berkelanjutan dalam beroperasi, pihaknya juga sudah mengajak para diaspora Blora untuk mempromosikan daerahnya.

"Begitu juga yang ada di Blora bagaimana kita membuat kegiatan di Jakarta, biar pulang pergi yang sekarang Rabu dan Jumat, kemarin kami juga mimpi seminggu tiga kali Senin, Rabu, Jumat," terang dia.

Sebagai langkah awal dibukanya kembali rute tersebut, empat jenderal polisi yang mempunyai darah Blora menyempatkan diri untuk melepas penerbangan ke Bandara Ngloram yang menggunakan pesawat Citilink jenis ATR72-600.

Keempat jenderal polisi tersebut antara lain, Irjen Pol Eddy Hartono (, Brigjen Pol Mashudi, Brigjen Pol Mardiono, dan Brigjen Pol Mas Gunarso.

"Alhamdulillah nanti juga ada Pak gubernur menyambut di Cepu, sebagai komitmen kita bahwa Cepu akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jawa tengah bagian timur," jelas dia.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewandaru, Ariadi Widiawan mengaku pihaknya siap untuk melayani para penumpang pesawat yang turun melalui Bandara Ngloram.

"Bandara Ngloram siap untuk menyambut Citilink. Sebelum terdapat penerbangan reguler, kita tetap beroperasi sehingga tidak ada masalah. Kita pikirkan adalah bagaimana Citilink tetap terbang berkesinambungan. Salah satunya adalah menciptakan market," kata Ariadi.

Sebelumnya diberitakan, maskapai Citilink kembali membuka jalur penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Ngloram Blora.

Kepastian tersebut didapat setelah dilakukannya penandatangan nota kesepahaman PT Citilink Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Blora tentang Penyediaan Layanan Jasa Penerbangan di Kabupaten Blora.

Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai mengatakan penerbangan perdana tersebut akan dilakukan pada akhir Januari 2023 mendatang

"Kami rencanakan penerbangan kembali rute Halim Ngloram tanggal 27 Januari, sehingga bisa memenuhi permintaan daripada masyarakat yang akan ke Blora," ucap dia usai penandatanganan tersebut, di Kantor Citilink, Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Pihaknya menjelaskan terdapat potensi yang sangat besar di Kabupaten Blora yang nantinya rute penerbangan tersebut dapat beroperasi secara berkelanjutan.

"Market atau pasar daripada Cepu Blora dan kabupaten-kabupaten di sekitarnya itu cukup besar dan cukup menjanjikan," terang dia.

Sekedar informasi, Maskapai Citilink sudah menjadwalkan dan melakukan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Ngloram dan sebaliknya, seminggu dua kali.

Namun, karena Bandara Halim Perdanakusuma beberapa waktu lalu mengalami revitalisasi, maka penerbangan ke Bandara Ngloram dihentikan.

Kini, setelah Bandara Halim Perdanakusuma kembali beroperasi, rute penerbangan yang sempat diberhentikan kembali diaktifkan lagi.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/27/123100578/empat-jenderal-polisi-lepas-penerbangan-citilink-dari-bandara-halim-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke