Salin Artikel

Biaya Haji Bakal Naik hingga Rp 100 Juta, Kemenag Jateng Imbau Calon Jemaah Haji 2023 Siapkan Dana Tambahan Sekitar Rp 45 Juta

Plt Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kementrian Agama (Kemenag) Jateng, Fitriyanto mengatakan Menteri Agama bakal mengusulkan biaya keberangkatan haji 2023 bagi setiap jemaah menjadi Rp 69 juta.

Sementara yang telah dibayarkan oleh para jemaah saat mendaftar haji baru sekitar Rp 25 juta. Merespons kenaikan biaya haji, pihaknya meminta jemaah yang dijadwalkan berangkat tahun ini untuk menyiapkan dana pelunasan.

“Kalau sesuai usulan Pak Menteri, Rp 69 juta ini diberlakukan bagi jamaah yang mendaftar di tahun 2012. Kan di awal sudah setor Rp 25 juta, nanti tinggal menambah kurang lebih Rp 45 juta,” ujar Fitriyanto kepada Kompas.com, Rabu (25/1/2023).

Pihaknya menjelaskan, penyelenggaraan haji di Indonesia selama ini dibantu dengan subsidi atau potongan biaya dari hasil optimalisasi nilai manfaat.

Maka uang muka sebanyak Rp 25 juta yang dibayarkan setiap calon jemaah saat mendaftar haji dikelola oleh Kemenag RI untuk investasi. Lalu hasilnya digunakan kembali untuk memangkas biaya haji mereka.

“Biaya haji Rp 96 juta, rencana Menag tahun ini 70 persen dibayar oleh jemaah, yang 30 persen dibayar dari dana optimalisasi nilai manfaat. Karena biaya haji hampir Rp 100 juta, makanya yang 70 persen ketemu angka Rp 69 juta. Sisanya (biaya haji) dibayar dari nilai manfaat,” terangnya.

Ia mengungkapkan, biaya subsidi tidak bisa diberikan dalam jumlah besar sekitar 50 persen. Dikhawatirkan dana subsidi habis diberikan pada 2028 dan memberatkan jemaah di tahun berikutnya bila harus membayar penuh tanpa subsidi sama sekali.

“Yang berangkat tahun ini ya disiapkan saja untuk berangkat ke sana, termasuk kesehatannya, keuangannya, karena haji memang untuk orang yang mampu. Kalau tidak bisa melunasi sekarang, otomatis tahun berikutnya kita panggil lagi. Tapi nanti biaya naik berapa, kita enggak tahu,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/26/075749178/biaya-haji-bakal-naik-hingga-rp-100-juta-kemenag-jateng-imbau-calon-jemaah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke