Salin Artikel

Belum Ada Sebulan, 53 Orang di Kendal Kena Demam Berdarah, 5 Meninggal Dunia

Pada 2023 ini, terhitung awal Januari hingga Selasa (24/01/2023) kemarin, sebanyak 53 orang di Kendal terkena demam berdarah, dengan 5 orang di antaranya meninggal dunia.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Abidin, 53 kasus DB tersebut, tersebar di kabupaten. Kebanyakan, yang terkena demam berdarah, usia anak-anak.

“Sebanyak 53 itu, kasus DB di bulan Januari ini. Yang 5 orang di antaranya meninggal dunia,” jelas Abidin, Rabu (25/1/2023).

Antisipasi sementara untuk menekan angka DB, tambah Abidin, pihaknya melakukan fogging atau penyemprotan di daerah yang sebelumnya terkena banjir pada akhir 2022.

“Ada 28 desa/kelurahan yang sudah kami jadwalkan untuk di fogging,” ujar Abidin.

Selain itu, Abidin meminta kepada masyarakat supaya menggalakkan 3M plus, yaitu menguras, menutup, dan mendaur ulang. “Plusnya itu, seperti memakai obat nyamuk,” tegas Abdin.

Sementara itu, Kepala Desa Brangsong, Asnawi, mengaku pasca-banjir akhir Desember 2022 lalu, ada 2 warganya yang terkena DB. Mereka sempat dirawat di rumah sakit, dan sekarang sudah pulang ke rumah.

“Tadi, ada penyemprotan, yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan,” ujar Asnawi.

Terkait dengan hal itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menambahkan, saat ini pemerintah terus mendorong program 3M plus. Menguras, menutup dan mendaur ulang.

"Plusnya, seperti memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, gotong royong masyarakat membersihkan lingkungan, dan memperhatikan kebersihan saluran air, dan masih banyak lagi.” ujar Dico .

Dico menegaskan, dalam waktu dekat, pemerintah Kendal akan melaksanakan fogging ke desa dan kelurahan yang masuk dalam kategori waspada.

Masyarakat juga bisa segera memberikan laporan apabila merasakan gejala awal DBD ke puskesmas atau faskes terdekat, agar segera dilakukan tindakan.

"Saya harap masyarakat dapat lebih waspada terhadap kasus DBD yang sedang terjadi akibat pasca bencana banjir sebelumnya," pungkas Dico.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/25/170420478/belum-ada-sebulan-53-orang-di-kendal-kena-demam-berdarah-5-meninggal-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke