Salin Artikel

Gegana Polda Jateng Ledakkan Mortir yang Ditemukan Pekerja Bangunan Saat Buat Pondasi Masjid di Klaten

Mortir berukuran sekitar 20 sentimeter itu ditemukan pertama kali oleh pekerja proyek pembangunan masjid di Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (24/1/2023).

Kapolsek Ceper AKP Aris Jaka Narimo mengatakan, mortir yang ditemukan dalam kondisi sudah berkarat itu diamankan di sebuah rumah milik warga.

Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, rumah milik warga yang digunakan untuk mengamankan sementara mortir dijaga aparat kepolisian dan TNI serta dipasangi garis polisi.

"Polsek Ceper ada laporan penemuan satu buah mortir pada hari Selasa pukul 13.00 WIB di Masjid Al Manar Ngawonggo. Waktu itu ada karyawan atau buruh membuat pondasi pelebaran masjid," kata Aris kepada wartawan di Klaten, Jawa Tengah, Rabu.

Aris mengatakan tidak tahu apakah mortir yang ditemukan pekerja proyek pelebaran masjid itu masih aktif atau tidak. Meski kondisinya sudah berkarat karena terpendam di dalam tanah.

"Kalau berbahaya kurang paham. Apakah aktif atau tidak aktif (tidak tahu) karena yang mengerti Tim Gegana," ungkap dia.

Pihaknya kemudian menghubungi Tim Gegana Sat Brimob Polda Jateng. Mortir yang ditemukan pekerja pelebaran masjid itu dibawa ke lapangan tembak Trucuk untuk dimusnahkan.

"Kita dengan petunjuk Pak Kapolres langsung menghubungi Tim Gegana Polda Jateng," ungkap Aris.

Seorang pekerja bangunan masjid, Tri Sulistyo mengatakan, mortir itu ditemukan ketika dirinya sedang menggali tanah untuk pemasangan cakar ayam masjid.

Tri mengungkapkan bahwa mortir tersebut ditemukan siang hari pada kedalaman tanah sekitar satu meter.

"Pertama kena cangkul. Kirain besi biasa. Saya ambil pelan-pelan kok tambah kelihatan ujungnya. Aku takutnya kalau bom. Pelan-pelan saya buka ternyata mortir," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/25/165907678/gegana-polda-jateng-ledakkan-mortir-yang-ditemukan-pekerja-bangunan-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke