Salin Artikel

Gibran Pastikan Prabowo Akan Bantu Revitalisasi Pura Mangkunegaran

"Pak Prabowo tadi pagi ke Mangkunegaran, sudah dua kali beliau ke sana (kemarin dan hari ini), artinya beliau mau bantu sesuatu, di (bagian) Kavaleri," katanya di Solo, Rabu (25/1/2023).

Diwartakan kantor berita Antara, Gibran menyebut Prabowo ingin mengembalikan Pura Mangkunegaran ke bentuk aslinya.

Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, bangunan yang dulunya digunakan markas pasukan militer Mangkunegaran tersebut saat ini kondisinya menyedihkan.

"Ngeri, makanya harus segera kami sentuh. Yang jelas untuk parkir kuda, naruh senjata-senjata legiun Mangkunegaran. Semua akan dikembalikan ke bentuk awal," katanya.

Gibran melanjutkan, revitalisasi juga akan menyasar bagian depan pura atau pamedan, yang dulunya adalah lapangan berpasir untuk latihan berkuda.

"Kayak Pracima itu, kan dikembalikan ke bentuk awal," katanya.

Gibran menjelaskan, dirinya belum memastikan dari mana dana yang akan dipakai Prabowo untuk merevitalisasi Pura Mangkunegaran.

Namun, suami Selvi Ananda ini menegaskan Ketua Umum Partai Gerindra itu tidak akan mengambil dari Kementerian Pertahanan.

"Terkait itu nanti biar Mas Bhre (Mangkunegara X) yang statement. Intinya Pak Prabowo dulu eyangnya kan Menteri Keuangan, beliau ingin memberikan sumbangsih ke Mangkunegaran lah ya," katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN RI Erick Thohir sudah meresmikan Taman Pracima atau Pracima Tuin yang ada di dalam kawasan Pura Mangkunegaran. Erick berharap revitalisasi tersebut dapat menambah tingkat kunjungan wisata di Kota Solo.

"Jaga kegiatan budaya, festival, musik, dan lain-lain. Kalau tidak ada kegiatan ya sepi juga," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/25/160222978/gibran-pastikan-prabowo-akan-bantu-revitalisasi-pura-mangkunegaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke