Salin Artikel

Hadiri Pemakaman Dubes RI untuk Italia M Prakosa, Hasto: Beliau adalah Sahabat Ibu Mega

Pada kesempatan itu, Hasto mengaku ditugaskan langsung oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Sukarnoputri untuk mengawal pemakaman M Prakosa. Hasto menyebut bahwa M Prakosa merupakan sahabat dari Megawati.

"Beliau adalah sahabat Ibu Mega. Tidak hanya menjadi menteri dalam Kabinet Gotong Royong tapi juga dipercaya dua periode sebagai dewan pimpinan pusat PDI-P," kata Hasto, Selasa (24/1/2023).

Hasto mengatakan bahwa Megawati menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya M Prakosa. Bagi Megawati, M Prakosa adalah sosok rendah hati dan sederhana. 

"Ibu Megawati selain mengucapkan duka cita yang mendalam. Beliau merasa begitu kehilangan atas sosok yang rendah hati. Sosok yang menjadi keteladanan dalam kejujuran dan kesederhanaan. Karena itu partai memberikan penghormatan terbaik dengan protokol partai," kata Hasto.

Hasto mengatakan, M Prakosa juga sosok yang selalu menjadi pendengar yang baik.

"Ya sosok yang sederhana, sosok yang istilahnya bu Mega itu tidak hanya berbicara dalam alam pikir tapi dalam alam rasa. Sehingga di dalam rapat-rapat itu beliau menjadi pendengar yang sangat baik tetapi ketika menyampaikan pendapatnya itu sangat bernas (berisi)," kata dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik M Prakosa sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Italia yang berkedudukan di Roma, pada Rabu (17/11/2021).

Prakosa selama ini dikenal sebagai politikus PDI Perjuangan. Pria kelahiran tahun 1960 itu tercatat menjadi anggota DPR dari Fraksi PDI-P sejak tahun 2009 hingga akhirnya mengundurkan diri saat ditunjuk menjadi dubes.

Prakosa juga sempat dikenal saat menduduki jabatan menteri di awal era Reformasi. Pada kabinet Persatuan Nasional yang dipimpin oleh Abdurrahman Wahid atau Gusdur, Prakosa menjabat sebagai Menteri Pertanian.

Setelah Gus Dur lengser dan digantikan Megawati Soekarnoputri, Prakosa dipercaya menjadi Menteri Kehutanan. Dia duduk di kursi Menhut hingga jabatan Megawati berakhir pada 2004.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/24/192705978/hadiri-pemakaman-dubes-ri-untuk-italia-m-prakosa-hasto-beliau-adalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke