Salin Artikel

Rekonstruksi Kasus Pembunuhan IRT di Lombok Tengah, 3 Tersangka Perankan 22 Adegan

Para pelaku pembunuhan yang merupakan suami korban, MR (20), mertua berinisial S (49), dan kakak ipar korban, SA (28), dihadirkan dalam rekonstruksi tersebut.

FS diketahui dibunuh suami, mertua, dan kakak iparnya, di kediaman mereka, Dusun Pondok Komak, Desa Lantan, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, Selasa (3/1/2023).

KBO Reskrim Polres Lombok Tengah Iptu Ichwan Satriawan mengatakan, rekonstruksi itu digelar di Polres Lombok Tengah karena faktor keamanan.

Ichwan menjelaskan, rekonstruksi itu akan memperlihatkan peran masing-masing pelaku dalam kasus pembunuhan berencana itu.

"Rekontruksi akan memperjelas peranan masing masing pelaku pembunuhan. terdapat 22 adegan yang kita lakukan dalam rekonstruksi. Adegan delapan merupakan adegan yang menyebabkan korban tewas, di mana MR mencekik korban," kata Ichwan di Lombok Tengah, Selasa.

Dalam rekonstruksi kasus pembunuhan itu terlihat MR dibantu ibu kandungnya S dan kakaknya SA. 

Rekonstruksi itu disaksikan tim jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Lombok Tengah.

Dari puluhan adegan itu, aksi MR membunuh FS terlihat pada adengan kedelapan. MR mencekik korban hingga tewas.


Sebelum melakukan tindakan itu, MR menghampiri korban yang sedang asyik bermain ponsel dan meminta dibuatkan kopi. Namun, FS menolak permintaan MR.

MR lalu menampar FS sebanyak dua kali. MR juga mendorong korban hingga terjatuh di kasur.

MR kemudian memanggil sang kakak untuk membantunya menghabisi sang istri. SA datang dan memegang kedua pergelangan kaki korban hingga tak bisa melawan.

Melihat istrinya tak berdaya, MR lalu mencekik korban hingga tewas. MR kemudian memanggil ibunya dan meminta tolong mengambil tali.

Sebelum melakukan aksi pembunuhan itu, MR memang telah memberi tahu rencana tersebut kepada ibu dan kakaknya. 

Pada adegan kesebelas, terlihat ibu pelaku melempar tali dari luar kamar. Tali itu dipakai mengikat leher korban dan menggantung mayat FS di kusen pintu.

Pada adegan selanjutnya, terlihat pelaku menggantung jenazah istrinya agar korban terlihat seolah-olah tewas karena bunuh diri.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/24/135849878/rekonstruksi-kasus-pembunuhan-irt-di-lombok-tengah-3-tersangka-perankan-22

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke