Salin Artikel

Sempat Buron, Anggota LSM yang Peras Keluarga Pelaku Pemerkosaan di Brebes Tertangkap di Jakarta

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, anggota LSM tersebut ditangkap di Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

"Ditangkap Senin kemarin," jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (24/1/2023).

Berdasarkan pemeriksaan, pelaku berinisial W merupakan warga Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar). "Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, tujuh anggota LSM BPPI juga ditahan Polresta Brebes atas dugaan pemerasan kepada pelaku pemerkosaan gadis umur 15 tahun.

"Yang jelas tujuh anggota LSM BPPI sudah kita tahan hari ini," jelas dia.

Kapolda sudah memerintahkan Dirkimum Polda Jateng untuk backup persoalan dugaan kasus pemerasan LSM BPPI kepada para pelaku pemerkosaan.

"Sudah kita backup dari Polda Jateng," imbuhnya.

Dia menjelaskan, penangkapan tujuh anggota LSM BPPI tersebut karena diduga sudah melakukan upaya provokasi dan melakukan pelanggaran hukum.

"Nanti kalau alat bukti cukup akan kita ekspos,"ujarnya.

Sebelumnya, LSM BPPI menjadi sorotan karena dilaporkan oleh orangtua pelaku pemerkosaan di Brebes atas dugaan pemerasan.

Karyoto, salah satu orangtua pemerkosa mengungkapkan, awalnya si LSM meminta Rp 200 juta jika ingin kasusnya berakhir damai.

Setelah dilakukan tawar menawar, disepakati keluarga para pelaku akan menyerahkan uang sebesar Rp 70 juta.

"Orang LSM. Dia bilang kalau hari ini tidak kelar (selesai), maka akan dilaporkan ke Polres. Dia minta uang secepatnya. Malam ini harus deal. Pertama mintanya Rp 200 juta, saya tawar menawar jadinya Rp 70 juta," ucap Karyoto saat ditemui di rumahnya pada Selasa (17/1/2023).

Karyoto dan orangtua pemerkosa lainnya kemudian berusaha mengumpulkan uang, namun hanya terkumpul Rp 62 juta.

"Terkumpul Rp 62 juta. Akhirnya diserahkan ke rombongan LSM. Saya bilang ada uang segini mau tidak? akhirnya dia mau," kata Karyoto.

Karyoto mengungkapkan, oknum LSM itu meminta uang dengan alasan sebagai kompensasi perjanjian damai dengan korban. "Alasannya, minta uang untuk pihak korban," kata Karyoto.

Namun, di kemudian hari terungkap bahwa keluarga korban pemerkosaan hanya menerima Rp 30 juta.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/24/130415178/sempat-buron-anggota-lsm-yang-peras-keluarga-pelaku-pemerkosaan-di-brebes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke