Salin Artikel

Aksi Spontan Warga Bantu Aparat Tarik Pesawat yang Tergelincir di Beoga, Ini Cerita Kapolsek

Kapolsek Beoga AKP Donny Bisai menjelaskan, aksi warga tersebut dilakukan secara spontan setelah melihat pesawat tergelincir di lokasi, pada Senin (23/1/2023) pagi.

"Itu sekitar 70-an warga, mereka pada intinya merasa memiliki jadi spontan mereka bantu, inisiatif dari mereka," kata Donny, Senin.

Aksi tersebut direkam oleh seorang warga dalam sebuah video dan viral di media sosial.

Butuh waktu setengah jam

Donny menjelaskan, butuh waktu kurang lebih setengah jam untuk menarik pesawat yang menurutnya memiliki berat sekitar 2.654 kilogram tersebut.

"Proses menarik ke atas itu ada sekitar 20 menit karena kita sempat ada istirahat kurang lebih jaraknya 40 meter dari TKP," katanya.

Donny mengatakan, aparat sebenarnya tidak meminta masyarakat yang berkumpul untuk menarik pesawat.

Namun mereka ingin membantu secara sukarela.

"Itu spontanitas dari masyarakat sendiri. Sebelumnya aparat ada gali ban (yang terperosok), pasang sling, tiba-tiba masyarakat langsung antusias pegang tali tanpa komando," kata dia.

Membutuhkan bandara

Kapolsek menjelaskan, warga Beoga sangat merasa membutuhkan dan memiliki bandara.

Memang ada jalan setapak yang menghubungkan Beoga dengan wilayah lainnya. Namun untuk menempuhnya membutuhkan waktu selama berhari-hari.

Sehingga keberadaan bandara dirasa sangat penting lantaran lokasi itu hanya bisa diakses secara cepat melalui jalur udara atau dengan pesawat.

Donny mengungkapkan, rentang waktu lalu lintas pesawat di Beoga hanya sekitar dua jam, sejak pukul 06.00 WIT sampai 08.00 WIT.

Setelah pukul 08.00 WIT cuaca di Beoga ceoat berubah sehingga berisiko terhadap penerbangan.

Sebelumnya, pesawat SAM Air tergelincir ketika hendak mendarat di Bandara Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Senin (23/1/2023) pagi.

"Kejadian sekitar pukul 07.30 WIT, menurut info pilot, dia saat mau mendarat menghindari awan hitam di pintu masuk bandara sehingga dia agak naik sedikit baru turun. Posisi landasan agak miring sehingga saat mendarat tergelincir," ujar Donny.

Sebanyak 11 kru pesawat dan penumpang selamat dalam peristiwa tersebut.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor: Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2023/01/24/115611178/aksi-spontan-warga-bantu-aparat-tarik-pesawat-yang-tergelincir-di-beoga-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke